Google Tidak Akan Pasang Pemblokir Iklan di Chrome Browser

Google berusaha membuat iklan yang bersahabat bagi penggunanya

Iklan adalah salah satu masalah yang paling sering diperdebatkan sejak adanya internet. Iklan memberikan akses yang lebih luas kepada para pengguna internet, tetapi iklan juga memperlambat loading halaman dan kadang dianggap “mengganggu” bagi sebagian pengguna. Alasan itulah yang membuat banyak orang cenderung menggunakan tool pemblokir iklan pada browser mereka.


Kesempatan ini dimanfaatkan para developer web browser seperti UC Browser dan Opera dengan memasang plugin adblock built-in pada peramban mereka. Dengan begitu, kita sebagai pengguna tidak perlu repot-repot menginstal tool tambahan untuk memblokir iklan. Tapi tidak dengan Google yang mengatakan tidak akan memasang pemblokir iklan pada browser mereka (Chrome).

"Kami merasa, ada banyak tantangan dalam dunia iklan. Ada banyak hal yang bisa jadi masalah," ungkap Vice President of Chrome Engineering, Darin Fisher. Beliau berkata, "Jika advertiser dan publisher membuat iklan dengan benar, ini akan berguna bagi para pengguna dan ekosistem."

Alih-alih menggunakan pemblokir iklan, Google memilih membuat program Coalition for Better Ads untuk membuat standar iklan yang tidak menggangu pengguna internet. Perusahaan besar seperti Facebook dan The Washington Post juga ikut bergabung dalam koalisi ini. Google lebih berusaha membuat iklan tetap tampil namun tidak mengganggu pengalaman pengguna saat mengakses sebuah situs.

Menurut kamu sendiri bagaimana tentang iklan di internet?

Diberdayakan oleh Blogger.