Facebook Siapkan Cara Untuk Menghadapi Ad-Blocker

iklan di facebook mengganggu

Iklan adalah sesuatu yang lumrah dalam sebuah situs. Tak bisa dipungkiri, iklan adalah salah satu cara untuk menghasilkan pundi-pundi dari mengelola sebuah website. Sayangnya, keberadaan iklan kadang dianggap mengganggu bagi sebagian pengguna internet. Mengganggu itu artinya luas, seperti iklan ditempatkan terlalu banyak, iklan menutupi konten dan iklan yang dianggap terlalu memaksa seperti pop-up ads atau iklan yang membuka tab baru.

Hal tersebutlah yang mendorong para pengguna internet menggunakan ad-blocker untuk memblokir keberadaan iklan sehingga pengalaman browsing menjadi lebih nyaman karena bebas iklan. Memurut saya sendiri, memasang iklan sebenarnya tidak jadi masalah, asal tidak mengganggu penggunanya dalam mengakses situs yang bersangkutan.


Terkait hal ini, Facebook pun ikut ambil bagian. Dikatakan Facebook membuat sebuah program yang membuat ad-blocker tidak berfungsi. Hal ini akan membuat Facebook akan tetap bisa menampilkan iklan sekalipun komputer yang kamu gunakan terpasang aplikasi atau ekstensi ad-blocker. Sekedar informasi, program ini hanyak bekerja untuk versi desktop saja dan tidak berpengaruh pada Facebook versi mobile.

program periklanan facebook

Dilansir ada sekitar 200 juta orang yang menggunakan pemblokir iklan saat mengakses internet. Jelas ini berdampak buruk bagi para publisher dan advertiser. "Facebook seharusnya tidak memblokir iklan, tapi menemukan cara untuk memberikan iklan yang lebih baik karena orang-orang tidak ingin melihat iklan yang mengganggu mereka", ungkap Vice President for Facebook's Ads and Business Platform, Andrew Bosworth.

Karenanya, Facebook membuat tool preferensi iklan untuk membantu penggunanya memilih iklan apa saja yang nantinya boleh diampilkan dan iklan mana tidak sesuai dengan keinginan pengguna tersebut. Langkah ini dilakukan agar konten iklan yang muncul nantinya relevan dan sesuai dengan minat pengguna.

Bagaimana dengan pendapat kamu sendiri?

Diberdayakan oleh Blogger.