Tips Mengurangi Penggunaan RAM pada Chrome


browser paling boros ram

Dibalik banyaknya kelebihan yang dimiliki Google Chrome ternyata browser satu ini juga memiliki kelemahan. Kelemahannya tidak lain adalah penggunaan memori yang tergolong besar daripada browser yang lainnya. Untuk PC dengan RAM tinggi (diatas 4GB) nampaknya tidak terlalu menjadi masalah yang berarti. Namun, beda halnya dengan mereka yang menggunakan RAM kurang dari 4GB, hal ini bisa jadi menjadi masalah yang berarti.

Baca juga: Apa yang Terjadi Saat Kamu Buka 100 Tab di Chrome Mobile?

Penggunaan RAM yang terlalu banyak akan mempengaruhi kinerja sebuah komputer. Disaat RAM penuh, komputer akan jadi lemot atau lambat. Terlebih kamu merupakan orang yang tergolong suka melakukan multitasking (melakukan tugas bersamaan dalam satu waktu). Tentunya ini sangat mengganggu. Penyebab utama Google Chrome menghabiskan banyak resource adalah "tab". Membuka banyak tab sekaligus akan semakin membebani RAM komputermu. Lain halnya jika kamu hanya membuka satu atau dua tab saja. Ini tidak akan menjadi masalah.


Cara Mengatasinya

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah diatas. Namun, saya akan membagikan cara termudah yang bisa kamu lakukan tanpa ribet. Caranya dengan edit shortcut atau menggunakan ekstensi pada browser Google Chrome.

1. Menggunakan Ekstensi

Ekstensi yang admin gunakan adalah OneTab. OneTab adalah ekstensi yang akan menghemat penggunaan RAM pada Chrome Browser. Kok bisa? OneTab akan memindahkan tab-tab yang kamu buka ke dalam OneTab List. Artinya, berapapun tab yang kamu bukan akan tersimpan dalam satu tab saja. Jadi, kamu bisa bebas membuka berapapun tab tanpa kawatir kekurangan RAM.

Ekstensi lain yang bisa digunakan adalah Flash Control. Seperti namanya, ekstensi ini digunakan untuk mengontrol flash pada setiap halaman web. Dengan ekstensi ini, flash tidak semuanya dijalankan melainkan hanya yang penting-penting saja. Jadi lumayanlah bisa mempercepat loading halaman dan menghemt sedikit resource komputer.

2. Edit Shortcut

Pertama, klik kanan shortcut Chrome di desktop komputermu dan pilih properties dan tambahkan "--process-per-site" pada bagian akhir dalam kolom target. Lihat gambar di bawah:

membuat shrtcut chrome di desktop untuk meminimalisir penggunaan ram

Restart Chrome dan lihat perbedaannya, gunakan task manager untuk informasi yang lebih detil.

Diberdayakan oleh Blogger.