5 Game Termahal dengan Biaya Pembuatan Fantastis

alat untuk bermain game

Game adalah media hiburan yang cocok dimainkan dikala kita sedang bosan. Tak peduli masih anak-anak atau sudah dewasa, game tetap menjadi satu media hiburan yang digandrungi semua orang. Bahkan sampai sekarang perkembangannya bisa dibilang tumbuh sangat pesat, mulai dari game PC, konsol dan mobile. Banyak developer baru maupun lama berlomba-lomba untuk menghadiran sebuah game dengan kualitas dan gameplay menawan untuk menarik minat para gamer.

Baca juga: 6 Game Terbaik Perusak Stik PS

Dari banyaknya seri game dan yang pernah kamu mainkan, pernahkah kamu memikirkan berapa biaya untuk membuat satu buah game? Apalagi jaman sekarang banyak game yang sudah mengusung grafis tinggi macam GTA V, Call of Duty dan Rise of The Tomb Raider. Pastinya dibutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk membuatnya.

Berikut TeknoSee merangkum deretan game termahal yang pernah dirilis, apa saja?


5 Game Termahal di Dunia


1. Gran Turismo 5

game simulasi balapan terbaik

Generasi ke-5 dari seri Gran Turismo ini dikembangkan oleh Polyphony Digital dan diterbitkan oleh Sony Computer Entertainment pada 24 November 2010 silam. Mengingat keberhasilan seri Gran Turismo di PS2, Sony tampaknya tak segan-segan mengeluarkan dana mencapai $80 juta untuk Gran Turismo 5.

Terdapat lisensi World Rally Championship, NASCAR and Super GT yang pertama kalinya dalam sejarah Gran Turismo. Termasuk waktu balapan dengan setting malam hari yang diperkenalkan kembali pada edisi ini. Kurang lebih ada 1000 mobil yang dapat kamu gunakan serta 26 lokasi yang terbagi dalam 71 sirkuit berbeda.

Gran Turismo sendiri dianggap sebagai salah satu game racing terbaik yang pernah ada.

2. Red Dead Redemption

game bertema koboi

Game keluaran Rockstar Games ini berlatar di Old West. Cerita berluma ketika di Meksiko terjadi bentrokan antara pemberontak revolusioner dengan tentara Meksiko. John Marston, seorang mantan penjahat dipaksa untuk melacak bekas teman kriminalnya oleh agen pemerintah Amerika demi keselamatan keluarganya.

Perlu waktu sekitar enam tahun untuk mengembangkan game ini, dan selama kurun waktu enam tahun itu game ini juga pernah ditunda beberapa kali. Game yang dirilis tahun 2010 ini memakan dana 1,3 triliun dalam pembuatannya.

3. Tomb Raider 2013

karakter utama dalam seri tomb raider

Siapa sangka sequel Tomb Raider yang dirilis Square Enix tahun 2013 lalu ternyata masuk jajaran game termahal. Pakar game Billy Pidgeon memperkirakan memerlukan biaya $100 juta untuk memproduksi game ini. Seri ini juga mendapat apresiasi baik dimata gamer, terbukti dengan penjualannya yang mencapai 1 juta kopi dalam waktu 48 jam saja!

4. Grand Theft Auto V

seri gta terbaru

GTA V berlatar belakang negara bagian fiktif di Amerika Serikat yakni San Andreas (Di dunia nyata California Selatan). Sebelumnya San Andreas juga telah menjadi tempat berlatarnya Grand Theft Auto: San Andreas. Untuk pertama kalinya dalam GTA, Rockstar memberikan 3 karakter utama dalam game yakni Franklin, Michael, dan Trevor yang punya kelebihan berbeda satu sama lain.

Membawa genre open world yang dipadukan dengan grafis mumpuni yang memanjakan mata. Tak heran juga kalau dalam pembuatannya membutuhkan banyak dana yaitu berkisar $137 juta sampai $265 juta. Tapi semua itu ditebus dengan angka penjualan yang juga fantastis.

GTA V bahkan memenangkan 7 penghargaan Guiness World Records di tahun 2013. Salah satunya adalah mencetak rekor penjualan dalam sejarah. Game ini meraup pendapatan $800 juta hanya dalam 24 jam!

5. Destiny

game dengan budget pembuatan paling banyak

Meski kurang familiar, biaya pembuatan game Destiny mencapai $500 juta (6,5 triliun). Dengan biaya setinggi itu maka tidak heran Destiny menjadi sebagai game termahal di dunia. Angka ini didapat setelah menjumlahkan ongkos pengembangan, pemasaran, distribusi, royalti dan sebagainya.

Diberdayakan oleh Blogger.