4 Tips Main Game Online dengan Aman di PC

tips main game online

Meski tren mobile game makin meningkat dari hari ke hari, keberadaan website game online gratis nyatanya masih ramai dan mudah ditemui. Peminatnya pun juga masih banyak, mengingat ada berbagai website game online yang menawarkan beragam permainan menarik.

Bermain game memang menyenangkan, hal itu rasanya tak perlu dipertanyakan lagi. Akan tetapi, kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal penting agar kesenanganmu saat asik main game tidak dirusak oleh masalah yang menjangkiti komputer.

Sebab, jika kamu sembarangan memilih website game online gratis tanpa memperhatikan faktor keamanan, bisa jadi kamu sendiri yang akan dirugikan. Misalnya komputer terserang virus sehingga tidak bisa digunakan dengan normal, bahkan kamu bisa jadi harus melakukan install ulang. Ribet kan, ya!

Untungnya, kamu masih tetap bisa bersenang-senang menghabiskan waktu luang bermain game online gratisan di komputer tanpa perlu mengkhawatirkan risiko keamanan perangkat. Pasalnya, ada beberapa langkah mudah yang dapat dilakukan untuk mencegah masalah keamanan pada komputer, termasuk infeksi virus.

Cara Aman Main Game Online Gratis di Komputer

Apa saja langkah-langkahnya? Simak di dalam ulasan berikut ini, yuk. Selamat membaca dan semoga informasinya bermanfaat, ya!

1. Pastikan Komputer Memiliki Antivirus

rekomendasi antivirus terbaik untuk pc

Langkah yang satu ini jelas penting, karena software antivirus akan membantu komputermu menangkis berbagai bahaya keamanan yang mengancam dengan memberikan perlindungan. Ibaratkan seorang petarung, software antivirus adalah perisainya. Hanya saja, jangan sembarangan pilih software antivirus, ya!

Idealnya, agar komputer aman dari bahaya virus, malware, spyware, maupun bahaya keamanan lainnya, pilihlah program antivirus yang punya fitur lengkap. Selain itu, jangan lupa untuk meng-update antivirus secara teratur. Sebab, update antivirus akan meningkatkan kinerja program tersebut, sehingga selalu bisa diandalkan dalam melindungi komputer dari berbagai risiko keamanan secara efektif dan efisien setiap saat.

Banyak software antivirus saat ini yang bisa kamu gunakan untuk menunjukkan status keamanan sebuah website. Ketika sebuah website sudah terinfeksi virus, akan ada notifikasi bahwa situs yang akan kamu kunjungi tidak aman.

2. Akun di Website Game Online

membuat akun game online yang aman

Biasanya, berbagai website menyediakan game online secara gratisan yang dapat pengguna mainkan sepuasnya hanya dengan memiliki akun di sana. Walaupun proses pembuatan akun sangat mudah, ada beberapa hal yang juga perlu diperhatikan agar akun milikmu nantinya aman.

Untuk pemilihan nama pengguna alias username atau nickname, kamu bisa bebas memilih nama yang kamu sukai selama tersedia di website game online tersebut. Lain halnya untuk password, inilah hal krusial yang harus diberi perhatian lebih.

Demi keamanan akunmu di website game online gratis pilihan, gunakan kata sandi yang kira-kira tidak akan mudah ditebak oleh orang lain. Hindari penggunaan tanggal lahir, kata sandi yang sama persis atau berhubungan dengan username, atau kombinasi yang sangat umum. Kamu bisa cari di internet daftar password yang paling umum digunakan orang-orang di dunia sebagai referensi pilihan kata sandi yang harus dihindari, seperti 123456789.

Salah satu tips untuk membuat password yang tidak mudah ditebak adalah dengan mengombinasikan huruf kecil, huruf besar, angka, dan karakter/simbol. Terdengar rumit, ya? Tapi ingat, ini demi keamananmu sendiri. Dan serumit apapun password, jangan dicatat dan disimpan di tempat-tempat yang mudah dilihat orang lain. Misalnya kamu membuat catatan khusus di HP soal password, maka buatlah catatan tersebut terkunci, alias tidak bisa dibuka orang lain.

Sebagai informasi tambahan, kamu juga diharuskan memasukkan alamat e-mail ketika membuat akun di website game online. Sebaiknya gunakan alamat e-mail khusus untuk game atau kebutuhan hiburan, dan pisahkan dengan alamat e-mail untuk tugas sekolah atau kuliah, apalagi e-mail untuk pekerjaan. Dengan begitu, pesan-pesan penting yang masuk tidak akan tertimbun oleh pesan dari website game tersebut.

3. Bookmark Website yang Sering Dikunjungi

memaksimalkan fitur bookmark

Kalau poin ini sih lebih fokus pada kemudahan saat kamu ingin mengakses situs game online yang sama. Sebaiknya bookmark website game online yang sering kamu kunjungi dan menjadi favorit. Selain jauh lebih praktis, cara ini juga bisa membantu menghindari risiko memasuki website yang salah. Kan banyak tuh website kloningan yang sengaja dibuat untuk mendulang keuntungan.

4. Tips Saat Melakukan Transaksi Keuangan

tips melakukan pembelian in-game purchase yang aman

Walaupun bisa dimain secara gratisan, kebanyakan game online nyatanya juga menawarkan fitur-fitur atau item berbayar yang bisa dibeli dengan mata uang sungguhan. Cara pembeliannya pun beragam, normalnya sih memakai wallet untuk ditukarkan menjadi mata uang dalam game. Untuk mendapatkan wallet-nya sendiri, kamu bisa membelinya di beberapa penyedia wallet game terpercaya seperti Codashop atau Ezytopup.

Eniwei, di forum jual beli seperti grup Facebook juga ada banyak penjual yang menawarkan hal serupa. Untuk kasus ini, kamu perlu hati-hati dan memastikan seller yang kamu pilih memiliki kredibilitas. Kalau tidak, potensi penipuan bisa terjadi.

Jadi, apakah kamu sudah menerapkan semua tips di atas? Happy gaming!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel