Pengertian dan Keuntungan Jika Kamu Berlangganan PlayStation Plus

ps plus adalah layanan berbayar untuk menunjang performa playstation

Sejak PlayStation 3 rilis, Sony turut memperkenalkan program langganan premium bagi pemilik konsol legendaris milik Sony ini yang diberi nama PlayStation Plus. Bagi kamu yang sudah pemain lama mungkin sudah tidak asing lagi, tapi beberapa orang yang mungkin masih awam dengan istilah tersebut.

Apa Itu PlayStation Plus?

Singkatnya, PlayStation Plus adalah program langganan berbayar bagi pengguna PlayStation. Sampai artikel ini dibuat, layanan ini digunakan untuk pengguna PS3, PS Vita, dan PS4. Besar kemungkinan kalau PS5 dirilis nanti, PlayStation Plus juga masih dijadikan layanan langganan untuk platform tersebut.

Sesuai namanya yang diberi embel-embel 'Plus' tentunya menandakan sebuah keuntungan lebih yang akan didapatkan para member-nya. Harga yang dipatok sendiri tidaklah terlalu mahal menurut saya, yaitu 350 ribu per tahun. Ada juga versi 6 bulan (123 ribu) dan 1 bulan (55 ribu).

Eniwei, kabarnya harga langganan PlayStation Plus naik mulai bulan Agustus 2019 nanti. Ke depannya informasi ini akan saya update jika ada berita terbaru. Stay tune, ya!

Dan berikut 7 keuntungan yang kamu dapatkan jika berlangganan PlayStation Plus.

1. Game Gratis

pemilik ps4 yang berlangganan ps plus mendapatkan dua game gratis setiap bulannya

Siapa yang tidak tergiur dengan kata gratis? Saya rasa tidak ada. Dengan menjadi member PS Plus, kamu akan mendapatkan hak khusus untuk mendapatkan game gratis setiap bulannnya dengan ketentuan sebagai berikut:

  • PS3 mendapat game gratis sebanyak 12 buah per bulan.
  • PS Vita mendapat game gratis sebanyak 6 buah per bulan.
  • PS4 mendapat game gratis sebanyak 2 buah per bulan.

Semua game yang didapatkan tersebut tersedia dalam bentuk digital download. Menariknya, game yang sudah kamu klaim saat menjadi member PS Plus akan terus tersedia dan bisa kamu mainkan bebas kapanpun (selama dalam masa langganan).

2. Online Multiplayer

Pada dasarnya kamu mungkin merasa ini adalah fitur yang mungkin harusnya bisa dinikmati tanpa harus berlangganan. Sayangnya, di PS4 kamu diizinkan bermain online dengan player lain jika kamu berlangganan PS Plus. Kecuali untuk game yang memang 'free to play' dimana kamu bisa memainkannya secara multiplayer secara cuma-cuma.

3. Diskon Eksklusif

pelanggan ps plus berhak atas ekstra diskon untuk pembelian game dan add-ons di ps store

Sony memang kerap kali memberikan promo potongan harga game di PlayStation Store, entah itu random atau memang saat ada event tertentu. Menariknya, kamu yang sedang dalam status membership PS Plus bisa menikmati ekstra diskon. Ya, dengan kata lain diskon eksklusif ini hanya diberikan Sony kepada mereka yang sudah berlangganan PS Plus.

Potongan harga yang diberikan sendiri tergolong bervariasi, mulai dari 5% - 90%. Saya sendiri pernah membeli game di PS Store dengan diskon eksklusif ini dengan potingan sampai 75%. Game-nya adalah 'Rise of the Tomb Raider' yang dibanderol 700 ribuan. Tapi, saya beli cuma 190 ribuan saja berkat PS Plus. Asik banget, kan?

4. Online Save Data

Tentu bukan hal asing lagi kalau game membutuhkan ruang khusus untuk menyimpan save data. Bedanya, sekarang save data ini disimpan langsung ke hard disk, tidak lagi pakai memory card seperti pada jaman PS1 dan PS2 dulu.

Masalahnya, ada kalanya hard disk mengalami kerusakan atau error karena umur yang menyebabkan file di dalamnya hilang. Mungkin kamu tidak akan masalah jika harus menginstal ulang game yang hilang. Tapi, hal tersebut tentu tidak berlaku jika kamu kehilangan save data. Bayangkan kamu harus mengulang lagi progress suatu game dari awal padahal kamu sudah mendapatkan banyak achievment disana. Tentunya itu sangat menyakitkan.

Dengan berlangganan PS Plus, kamu bisa mengupload save data ke online storage yang disediakan oleh Sony. Asiknya lagi, ada fitur auto- upload yang memungkinkan seluruh save data dalam hard disk akan diunggah otomatis ke online storage. Jadi, kamu tak perlu pusing pindah-pindah data.

5. Early Access & Demo

Jika beruntung, kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk mencoba lebih awal game PS4 yang baru rilis. Tentunya fitur ini sangat menguntungkan karena kamu bisa merasakan sebelum game tersebut rilis. Jadi, keputusan untuk membelinya atau tidak bisa semakin jelas.
Hanya saja fitur ini sudah sangat jarang ditemui, terutama untuk 'early access' yang kini dijadikan fitur bundle untuk game 'deluxe edition'. Sedangkan fitur demo masih bisa dirasakan untuk pelanggan PS Plus.

6. Auto Update


Jujur, fitur ini sangatlah menguntungkan. Kamu tidak lagi perlu mengecek dan melakukan update game/file satu per satu lagi. Semua akan berjalan otomatis ketika konsolmu dinyalakan dan tersambung dengan jaringan internet. Selain itu, proses download bisa tetap berjalan ketika PS dalam rest mode. Fitur ini sangat bermanfaat untuk mengunduh game dengan ukuran besar.

7. Share Game

Ingin main game tapi tidak punya game-nya? Tenang, kamu masih bisa memainkannya bermodalkan fitur share play di PS4. Jadi, misalkan saya memiliki game mbak Lara (Tomb Raider), saya bisa melakukan sharing kepada teman saya yang lain. Jadi, teman saya bisa memainkan game tersebut tanpa harus membelinya.

Agar bisa menggunakannya fitur ini, syaratnya adalah game yang dibagikan harus tersedia di PlayStation Store masing-masing player. Dan tentunya keduanya juga merupakan berlangganan membership PS Plus.

Jadi, bagaimana? Sudah bisa memutuskan untuk berlangganan PlayStation Plus?


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel