Cara Main Game PS2 di PC Pakai PCSX2


Apakah kamu salah satu gamer yang suka main game PS2? Konsol game besutan Sony Computer Entertainment ini memang memiliki banyak game yang jadi kesukaan para gamer. Misalnya saja Grand Theft Auto: San Andreas, Resident Evil 4, Call of Duty 2: Big Red One, atau Black.

Namun , saat ini keberadaan PS2 sudah jarang ditemui. Maklum sih, karena peredarannya sendiri sudah dihentikan oleh Sony. Kebanyakan orang telah beralih ke PS3 dan PS4. Banyak juga yang lebih memilih mobile gaming karena lebih simpel dan praktis.

Kendati demikian, terkadang rasanga kangen juga ingin main PS2 lagi. Meski grafiknya tidak sebagus game jaman sekarang, banyak game PS2 yang memiliki jalan cerita menarik dan kenangan tersendiri buat mereka yang lahir di era 90an.

Saya sendiri sudah tidak memiliki konsol PS2 karena rusak. Tapi, terkadang saya masih main beberapa judul game PS2 di PC. Ya, sekedar untuk obat kangen. Buat yang belum tahu, kamu bisa main PS2 di PC dengan bantuan aplikasi bernama emulator. Disini saya menggunakan PCSX2 karena merupakan emulator PS2 terbaik dan stabil sampai artikel ini dibuat.

Sekilas Mengenal PCSX2

Emulator PCSX2 diluncurkan sejak 23 maret 2002 dengan menyediakan 22 bahasa. Namun untuk peluncuran bios-nya baru dilakukan pada tahun 2006. Untuk menjalankannya sendiri kamu hanya perlu download PCSX2 beserta bios dan ISO file dari game yang ingin kamu mainkan.

Perlu juga untuk memperhatikan spesifikasi komputer karena emulator adalah salah satu jenis aplikasi yang lumayan berat dijalankan. Kalau spesifikasi komputer/laptop kurang memadai, biasanya game tidak bisa berjalan lancar (nge-lag).

Kelebihan PCSX2

Sebelum kamu menjatuhkan pilihan pada emulator PCSX2, mungkin kamu perlu mengetahui terlebih dahulu kelebihan emulator ini:
  1. Memiliki slot memori yang besar.
  2. Memiliki resolusi cukup besar, yakni 4096x4096 dengan antialiasing serta texture filtering yang membuat tampilan grafik game kamu lebih bagus dibandingkan game HD remake.
  3. Memiliki fitur save state dan rekompilasi dinamis (JIT), sehingga kamu bisa menyimpan atau menunda game yang kamu mainkan dimana saja tanpa perlu menunggu save point.
  4. Memiliki fitur video recorder full HD menggunakan plugin GSdx yang memungkinkan kamu bisa merekam saat gameplay. Wah, ini sangat cocok untuk kamu yang jadi YouTuber dengan konten gaming.
  5. Memiliki kode yang sudah dioptimisasi sejak tahun 2002, sehingga kamu tidak memerlukan PC yang kuat. Namun demikian ada beberapa spec yang direkomendasikan agar proses bermain game di PC menggunakan emulator bisa lancar. 
  6. Kamu bisa memakai controller PS3, keyboard + mouse, atau controller Xbox sebagai navigasi saat main game.

Rekomendasi Spek Komputer


Agar terhindar dari lag saat bermain game, pastikan bahwa PC kamu memenuhi spesifikasi emulator PS2 PC berikut ini:
  • Ketentuan Sistem Operasi (OS): Windows 7 atau Windows Vista (32/64 bit) dan DirectX versi terakhir.
  • Ketentuan RAM: Pada Windows 7/Vista membutuhkan RAM 2GB atau lebih, sedangkan pada Windows XP/Linux membutuhkan RAM 1 GB. Kalau saran pribadi dari saya sebaiknya gunakan RAM di atas 4GB.
  • Ketentuan GPU: Minimal 8800GT. Saran: GTX 1030 atau sekelasnya
  • Ketentuan Prosesor (CPU): Intel Core 2 dengan turbo boost 3.2 GHz, atau i3/i5/i7 dengan turbo boost 2,8 GHz. Saran: Core i5 generasi ke-4 atau di atasnya.

Cara Menggunakan PCSX2

Berikut langkah menggunakan PCSX2 di PC:

Download kemudian install emulator PCSX2

Download PCSX2
  • Buka file PCSX2 yang telah kamu download, centang semua kotak pilihan yang ditampilkan (Start menu shortcut, desktop shortcut, Microsoft visual C++ 2015 Redist, dan DirectX Web Setup), kemudian klik “Next”
  • Tentukan pilihan penyimpanan file emulator PCSX2, sebaiknya letakkan file di folder C:\Program File, kemudian klik install.
  • Tunggu beberapa saat, akan muncul setting bahasa. Pilih “Bahasa Indonesia” atau bahasa lain sesuai kenyamananmu, kemudian pilih “terapkan” dan klik “lanjut”
  • Apabila kamu bermain menggunakan keyboard, maka lakukan konfigurasi PAD, yakni PAD1 untuk player 1 dan PAD2 untuk player2. Selain itu, kamu dapat melakukan pengaturan mengenai huruf yang akan digunakan sebagai circle. Namun, jika kamu menggunakan stik PS2, PS3, PS4, atau controller lainnya, maka lewati langkah ini
  • Tekan menu system untuk menentukan Reboot CVCD (full) atau Reboot CVCD (fast)

Download dan install Bios PCSX2

Download PCSX2 BIOS
  • Buka file Bios PCSX2 yang sudah di install, kemudian tekan refresh klik untuk memilih Bios PS2 yang akan kamu pakai.
  • Lakukan copy paste pilihan Bios PS2 kamu ke folder document yang ada di dalam file PCSX2.

Download ISO Game

Download ISO Game PS2
Setelah masuk ke website, silahkan pilih game yang ingin kamu mainkan. Ukurannya sekitar 1 - 4GB per file. File ISO yang sudah kamu download silahkan kumpulkan dalam satu folder agar mudah dicari saat dibutuhkan.

Kemudian, tinggal ikuti panduan berikut:

  1. Buka emulator PCSX2.
  2. Kemudian pilih menu CDVD - Iso Selector - Browse dan cari file ISO dari game yang akan kamu mainkan.
  3. Setelah ISO game berhasil di-load, klik System - Boot CDVD (fast) untuk menjalankan game.

Itulah penjelasan singkat tentang PCSX2 dan cara menggunakannya. Semoga bermanfaat untuk kamu yang membutuhkan.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel