Cara Daftar dan Verifikasi Flip, Aplikasi Transfer Bank Tanpa Biaya Admin

cara transfer antar bank gratis tanpa biaya admin

Flip adalah aplikasi yang cukup unik menurut saya. Bisa dibilang Flip merupakan solusi bagi orang yang sering transfer ke beda bank. Pasalnya, fungsi utama dari Flip adalah mengirimkan uang ke bank lain tanpa bayar biaya admin. Ini beneran, kamu bisa transfer antar bank dengan Flip tanpa harus bayar charge sebesar 6.500 jika bank tujuan berbeda dengan bank milikmu.

Selain memberikan layanan transfer uang gratis, Flip juga bisa digunakan untuk membeli pulsa atau paket data. Namun, untuk fitur yang satu ini tidak terlalu spesial karena proses yang harus dilalui untuk sekedar mengisi pulsa cukup lama menurut saya pribadi.

Sejarah Singkat Flip

Flip adalah sebuah startup yang digawangi oleh 3 orang mahasiswa lulusan Universitas Indonesia yaitu Ari (Founder) serta Anjar dan Luqman selaku Co-Founder. Di awal berdiri, Flip mengandalkan Google Forms untuk menampung data konsumen. Saat mengakses website Flip, kamu akan diarahkan ke sebuah formulir yang berisi detil transaksi yang ingin kamu lakukan.

Konsumen kemudian melakukan transfer ke rekening Flip sesuai dengan nominal yang disertakan pada formulir. Setelah itu, Flip akan meneruskan transaksi tersebut ke bank tujuan secara manual menggunakan internet banking. Ya, semuanya masih serba manual.

Hal tersebut terus berjalan sampai pada akhirnya Ari dan rekannya merasa kewalahan jika harus melakukan semuanya secara manual. Akhirnya mereka meluncurkan situs baru pada November 2015 yang kini sudah bisa memproses transfer uang otomatis.

Layanan transfer antar bank gratis dari Flip pun kian eksis dan pada Desember 2016 Flip merilis aplikasi berbasis Android lalu mengunggahnya ke Play Store. Tak disangka, angka download Flip terus naik dari waktu ke waktu. Sampai artikel ini dibuat, Flip sudah menyentuh angka 100 ribu download di Play Store.

Cara Kerja Flip

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, transfer uang melalui Flip pasalnya memerlukan dua kali proses. Pertama, kamu akan mengirimkan sejumlah dana ke rekening Flip. Selanjutnya, Flip akan meneruskan dana tersebut ke rekening tujuan. Transfer yang dilakukan Flip ini menggunakan rekening bank yang sama dengan rekening bank tujuan. Itulah kenapa tidak ada biaya admin disini.

cara kerja flip untuk menghidari biaya admin saat transfer beda bank

Jadi, Flip itu memiliki sejumlah rekening di berbagai bank yang ada di Indonesia. Bank yang didukung Flip meliputi:

  • BNI / BNI Syariah
  • Mandiri / Mandiri Syariah
  • CIMB Niaga / CIMB Niaga Syariah
  • BRI
  • BCA
  • Bank Muamalat
  • Bank BTPN
  • BTPN Wow
  • Jenius

Itulah list bank yang didukung Flip. Jika transfer yang kamu lakukan di luar bank tersebut, kamu belum bisa menggunakan layanan transfer antar bank gratis milik Flip.

Bisa dipahami?

Daftar Flip

Download Flip
Pertama, kamu tinggal mengisi identitas singkat berupa nama, email, password, dan nomor telepon. Kemudian tekan 'Buat Akun Flip'.

untuk mendaftar flip, pengguna diharuskan mengisi email dan nomor telepon

Setelahnya kamu akan menerima kode verifikasi dari Flip yang dikirimkan melalui SMS. Masukkan kode tersebut dan klik 'Verifikasi' untuk mengaktifkan akunmu.

flip akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor telepon yang didaftarkan untuk memastikan identitas pemilik

Jika kode yang kamu masukkan benar, kamu akan diarahkan ke halaman awal aplikasi Flip.

akun flip berhasil dibuat

Sampai disini akunmu sudah berhasil dibuat. Namun, untuk mulai mengirimkan uang, kamu perlu melakukan verifikasi akun lebih dulu.

Verifikasi Akun Flip

Di halaman awal aplikasi, klik tombol kecil bertuliskan 'Mulai Verifikasi'.

verifikasi flip diperlukan untuk membuka fitur transfer bank

Flip membutuhkan data diri dan kartu identitas untuk keperluan verifikasi. Klik tombol 'Mulai Lengkapi Data Diri' untuk masuk ke tahap selanjutnya.

flip membutuhkan identitas pengguna untuk memverifikasi akun

Isi seluruh data yang diminta dengan sebenar-benarnya. Data ini nantinya akan dicocokkan dengan KTP-mu. Kalau ada perbedaan, akunmu pasti gagal diverifikasi. Klik 'Simpan' kalau semuanya sudah terisi dengan benar.

data yang diminta flip berupa kartu identitas, nama, tempat tanggal lahir, tempat tinggal saat ini, dan alamat rumah

Selanjutnya, kamu perlu mengunggah foto yang meliputi:

  • Foto kartu identitas (KTP).
  • Foto wajahmu.
  • Foto wajah dengan memperlihatkan KTP.

Tombol 'Verifikasi Identitas' akan menyala jika semua data yang diperlukan sudah kamu unggah.

flip juga mengharuskan penggunanya mengunggah gambar foto wajah dan kartu identitas

Sampai disini proses verifikasi akun telah selesai. Kamu bisa kembali ke beranda atau keluar dari aplikasi.

flip akan melakukan pengecekan akun setelah semua data yang diperlukan terpenuhi

Saat sedang di-review, status verifikasi akun akan berubah menjadi 'Dalam Proses'. Menurut informasi dari Flip, verifikasi akan selesai maksimal dalam 1 hari kerja.

Namun, ketika saya melakukan verifikasi nyatanya tidak membutuhkan waktu lama. Tidak sampai 1 jam akun saya sudah aktif sepenuhnya.

status verifikasi flip akan berubah menjadi dalam proses saat sedang masa review

Berikut tampilan akun jika verifikasi berhasil dilakukan. Akan ada tulisan 'Berhasil' di bagian status verifikasi akun. Tombol kirim uang juga berubah warna menjadi hijau yang menandakan kamu sudah bisa melakukan transfer antar bank tanpa biaya.

setelah akun flip berhasil diverifikasi, pengguna bisa melakukan transfer antar bank tanpa biaya

Itulah cara daftar dan verifikasi Flip. Rada panjang, ya? Semoga bisa dipahami. Untuk panduan transfer bank pakai Flip akan saya bahas di artikel selanjutnya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel