Cara Aktivasi OVO di Tokopedia

tokopedia merubah tokocash menjadi ovo melalui proses kerjasama

Sebelum bekerjasama dengan OVO, Tokopedia menggunakan sistem TokoCash untuk menyimpan saldo sekaligus sebagai metode pembayaran pengguna ketika membeli produk. Namun, dengan segala pertimbangan akhirnya Tokopedia memutuskan untuk merubah TokoCash menjadi OVO. Sama seperti Bukalapak yang memilih bermitra dengan DANA.

Kerjasama ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan kepada calon konsumen Tokopedia. Jujur, saya sendiri merasa lebih nyaman pakai OVO daripada TokoCash.

Hal ini berarti kamu bisa belanja online di Tokopedia dan membayar tagihannya pakai saldo OVO. Segala bentuk promo diskon seperti cashback juga akan diberikan dalam bentuk OVO Point. 1 OVO Point sama dengan 1 rupiah dengan masa aktif 12 bulan. Kamu bisa memakainya untuk berbelanja (sebagai metode bayar), tapi tidak bisa ditransfer ke pengguna lain atau dicairkan ke rekening bank.

Aktivasi OVO di Tokopedia

Karena merupakan sistem baru (kerjasama dua platform berbeda), fitur ini tidak aktif secara otomatis. Melainkan kamu harus mengaktifkannya sendiri agar akun OVO dan Tokopedia milikmu bisa tersambung.

Caranya sendiri sangat mudah, hanya memerlukan beberapa tahap saja. Namun, saya sarankan kamu sudah memiliki akun OVO sebelumnya. Jika belum, silahkan daftar terlebih dahulu.

Langsung ke panduannya, ya?

Pertama, buka aplikasi Tokopedia dan klik link bertuliskan 'Aktivasi' yang ada pada menu OVO.

klik menu aktivasi di halaman depan tokopedia

Langsung saja klik 'Aktivasi OVO Sekarang' untuk menuju proses selanjutnya.

alasan tokocash dihilangkan dan diganti ovo

Di tahap selanjutnya, kamu akan dikirimkan kode verifikasi 4 digit ke nomor telepon yang terdaftar di akun OVO milikmu. Catat kodenya dan masukkan pada tempat yang disediakan. Nantinya sistem akan memverifikasi otomatis jika kode yang kamu masukkan benar.

memasukkan kode verifikasi yang dikirimkan ovo melalui sms

Kemudian masukkan PIN OVO milikmu dan klik tombol 'Lanjutkan'.

memasukkan pin ovo untuk membuktikan kepemilikan akun

Setelah kedua proses tersebut berhasil kamu lewati, akun OVO akan otomatis tersambung dengan Tokopedia.

ovo berhasil diaktivasi dan bisa digunakan untuk berbelanja di tokopedia

Sekarang saldo OVO di akunmu akan muncul juga di Tokopedia. FYI, saldo TokoCash yang kamu miliki sebelum melakukan aktivasi akan langsung di-convert ke saldo OVO sesuai nominal yang ada.

saldo di akun ovo akan terlihat juga saat membuka aplikasi tokopedia

Selesai.

Kelebihan Pakai OVO untuk Bertransaksi

Penggunaan OVO sebagai rekening utama di Tokopedia memiliki beberapa keuntungan seperti:
  • Pembayaran menjadi lebih praktis (tidak perlu transfer atau ke ATM).
  • Banyak promo cashback berupa OVO Point.
  • Proses Top Up OVO yang mudah dan tanpa biaya admin.
  • OVO bisa digunakan untuk bertransaksi di merchant lain. Ex: Grab.

Gagal Saat Proses Aktivasi?

Beberapa orang mengeluhkan bahwa mereka gagal mengaitkan akun OVO di Tokopedia. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah salah saat input kode OTP yang dikirim via SMS. Jadi, sebaiknya teliti baik-baik kodenya sebelum di-submit.

Masalah lain yang sering dialami adalah kode OTP tidak bisa dikirimkan karena nomor yang terdaftar di akun OVO telah hangus atau tidak aktif. Hal ini tentu menyebabkan terkendalanya proses pengaitan akun. Ada juga yang lupa dengan PIN OVO miliknya. Konyol memang, tapi ini sering terjadi.

So, apakah kamu juga memiliki masalah? Silahkan share di kolom komentar.

Itulah cara aktivasi OVO di Tokopedia. Semoga ke depannya Tokopedia mampu berkembang lebih baik lagi dan memberikan layanan terbaik kepada para konsumennya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel