Cara Ganti Password Gmail yang Lupa

cara ganti password gmail agar selalu aman

Privasi adalah sebuah hal dimiliki setiap orang dan wajib dilindungi, salah satunya dalam hal password. Tentunya kamu memiliki setidaknya satu akun email, bukan? Paling populer sih Google Mail atau Gmail karena setiap perangkat Android membutuhkan akun Gmail agar dapat dioperasikan dengan maksimal.

Untuk menjaga keamanan akun, ada baiknya kamu mengganti password Gmail secara berkala. Hal ini demi mencegah orang tak bertanggung jawab mendapatkan akses ke akun milikmu untuk disalahgunakan. Selain untuk keamanan, ganti password Gmail juga bisa dilakukan ketika kamu lupa password.

Read more! Cara Membuat Gmail

Di artikel ini, saya akan membagikan panduannya. Baik sekedar mengganti password untuk keamanan, atau karena lupa (tidak bisa login).

Ganti Password Gmail

Saya asumsikan kamu sudah login ke Gmail, ya? Setelahnya masuk ke menu 'Setting' dengan menekan ikon gerigi di bagian kanan bar.

buka gmail dan masuk ke menu setting

Kemudian, pindah ke tab 'Accounts and Import' dan pilih opsi 'Change Password' di bawahnya.

masuk ke tab account dan pilih change password

Masukkan password Gmail seperti saat kamu login pertama kali. Langkah ini digunakan untuk memastikan bahwa kamu benar-benar si pemilik akun.

login ke gmail

Atur password baru pada dua kolom yang disediakan. Pastikan keduanya sama, ya? Kalau berbeda nanti error. Untuk keamanan lebih, kamu juga mengombinasikan huruf, angka, dan karakter spesial sampai kekuatan password-mu menunjukkan tulisan 'strong'.

Kalau sudah yakin, klik 'Change Password'.

masukkan password baru dan klik tombol change password

Selesai, setelahnya kamu bisa masuk ke Gmail menggunakan password baru.

Bagaimana Kalau Lupa Password Gmail?

Di beberapa keadaan, terkadang orang suka lupa dengan password-nya sendiri karena beberapa alasan. Jarang dipakai, misalnya. Kalau kamu mengalami hal ini, kamu masih bisa login dengan password baru kok.

Pertama, masuk ke Gmail seperti biasa menggunakan akun Gmail yang ingin kamu recovery password-nya.

Read more! Cara Ternak Gmail

masuk ke halaman login gmail

Di halaman selanjutnya, klik link bertuliskan 'Forgot Password'.

klik link forgot password untuk mengganti kata sandi

Sampai disini kamu telah sampai pada tahap recovery password Gmail. Ada 3 tahap yang bisa kamu pilih untuk reset kata sandi.

Opsi yang pertama, dengan memasukkan password Gmail yang terakhir kali kamu pakai. Klik 'next' dan ikuti langkah selanjutnya.

recovery gmail dengan memasukkan password gmail terakhir

Kalau tidak ingat, kamu bisa pakai opsi kedua dengan menekan link bertuliskan 'Try another way'.

Disini, kamu harus memasukkan bulan dan tahun pembuatan akun Gmail-mu. Klik 'next' dan ikuti langkah selanjutnya.

recovery gmail dengan memasukkan bulan dan tahun pembuatan gmail

Jika tidak bisa mengingat tanggal pembuatannya, kamu bisa pakai opsi ketiga dengan klik link bertuliskan 'Try another way' kembali.

Di tahap ini, kamu tinggal memasukkan alamat email aktif yang kamu pakai (selain email utama). Nantinya kamu akan dikirimkan pesan yang berisi cara mengembalikan akun Gmail yang lupa password.

recovery gmail dengan memasukkan email lain yang aktif

Opsi ketiga ini sekaligus menjadi pilihan terakhir. Jika kamu masih tidak bisa mengikutinya, bisa dibilang kamu sudah kehilangan harapan untuk mendapatkan akun Gmail-mu kembali.

Note!

Itulah kenapa nomor telepon itu penting, apalagi kalau nomor tersebut sudah ditautkan ke berbagai akun online milikmu, termasuk email. Di kasus seperti ini, nomor telepon bisa menjadi sangat berharga karena kode verifikasi kepemilikan akan dikirim via SMS melalui nomor telepon yang kamu daftarkan.

Jangan sepelekan juga password atau kata sandi akun. Kalau memang kamu orangnya susah mengingat sesuatu, sebaiknya catat semua data penting agar tidak lupa dan bisa dilihat jika suatu saat dibutuhkan. Terkadang, banyak orang yang menganggap hal ini tidak penting, tapi bingung ketika akunmu hilang. Miris, kan?

FYI, cara di atas saya lakukan memakai PC. Kalau kamu pakai HP, caranya sama kok. Cuma beda di tampilannya saja.

Oke, sekian artikel tentang panduan ganti password Gmail. Semoga bisa membantu menyelesaikan masalahmu. Terimakasih.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel