YouGov, Survey Online Berbayar Terbaik?

yougov indonesia adalah survey online terpercaya yang terbukti membayar

Mencari penghasilan tambahan itu sebenarnya tidaklah sulit, apalagi di jaman canggih seperti sekarang ini. Bahkan, ada banyak pekerjaan sampingan yang bisa kamu lakukan hanya dengan modal smartphone dan paket internet saja. Salah satunya adalah mengerjakan survey online.

Tak hanya sekedar menjawab sederet pertanyaan tanpa menghasilkan apa-apa, survey online berbayar akan memberikanmu imbalan untuk setiap survey yang berhasil kamu selesaikan. Asiknya lagi, pekerjaan sampingan seperti ini tidaklah menguras banyak waktu. Kamu hanya memerlukan waktu sekitar 5 - 15 menit saja untuk setiap survey.

YouGov Indonesia

Layanan survey online berbayar sendiri tersedia cukup banyak pilihannya, dari yang berbasis mancanegara sampai lokal (Indonesia). YouGov sendiri adalah sebuah layanan survey online terpercaya yang berbasis di Amerika Serikat. Namun, YouGov mendukung banyak negara lain juga, salah satunya Indonesia.

YouGov didirikan oleh Stephan Shakespeare dan sudah online sejak tahun 2000. Dengan umur segitu lamanya, saya rasa tidak ada alasan yang membuat orang tidak percaya akan situs ini.
Saya sendiri sudah menggunakan YouGov dalam kurun waktu yang cukup lama (tahunan). Dan memang YouGov benar-benar membayar para penggunanya. Di artikel ini, saya akan mencoba membahas YouGov lebih dalam. Simak, ya!

Cara Daftar YouGov

Saat membuka aplikasi pertama kali, YouGov akan mendeteksi otomatis negara tempat kita tinggal melalui IP Address. Default-nya, bahasa menggunakan bahasa Inggris. Kamu bisa menggantinya dengan bahasa Indonesia kalau mau.

FYI, bahasa disini adalah bahasa di dalam aplikasi. Survey yang kamu dapat nantinya tetap pakai bahasa Indonesia.
Join YouGov
membuat akun yougov sangatlah mudah

 Selanjutnya pilih 'Sign Up' untuk membuat akun baru.

pastikan pakai email aktif untuk mendaftar yougov

Klik 'Open and Read Now' untuk membaca syarat dan ketentuan penggunaan aplikasi.

sebelum mendaftar, pengguna diharuskan membaca syarat dan ketentuan terlebih dahulu

Kemudian klik tombol 'I Agree' untuk melanjutkan pendaftaran.

pengguna harus menyetujui persyaratan

Masukkan alamat email dan password yang nantinya digunakan untuk login ke YouGov. Pastikan pakai email aktif, ya! Kamu juga bisa mendaftar pakai Facebook, tapi harus melalui browser.
Join YouGov
Klik 'Sign Up' kalau sudah selesai.

masukkan email dan password untuk membuat akun yougov

Setelahnya kamu akan dikirim email untuk konfirmasi. Buka dan verifikasi untuk masuk ke akunmu.

Mengerjakan Survey di YouGov

Salah satu alasan saya sangat menyukai YouGov adalah setiap survey yang ada 100% bisa dikerjakan. Jadi, tidak perlu khawatir kamu tidak lolos kualifikasi untuk mengisi survey. Pokoknya setiap servey yang muncul bisa kamu kerjakan tanpa kendala.
Inilah yang membedakan YouGov dengan aplikasi survey online berbayar lainnya. Soalnya saya sendiri sudah mencoba banyak layanan survey online. Tapi, kebanyakan gagal mengerjakan survey karena kita (sebagai pengguna) dinyatakan tidak lolos kualifikasi.

Jika ada survey baru yang bisa dikerjakan, kamu akan menerima email dan notifikasi langsung ke ponselmu. Untuk menyelesaikannya, tinggal klik tombol 'Start Survey' yang ada di halaman awal aplikasi.

survey di yougov muncul 3 - 5 kali seminggu

Di halaman berikutnya, kamu akan diberitahukan detil tentang survey yang harus kamu selesaikan. Langsung saja klik tombol panah yang ada di bagian bawah dan jawab semua pertanyaan sampai selesai untuk mendapatkan poin.

setiap survey membutuhkan waktu 2 - 15 menit

Setelah berhasil menjawab semua pertanyaan yang diajukan, di bagian akhir kamu akan disuguhkan halaman untuk menilai survey yang kamu kerjakan sebelumnya. Disini kamu bebas menilai kualitas survey atau memberikan masukan dengan menuliskannya di kolom yang sudah disediakan.

pengguna diberi kebebasan untuk menilai dan memberikan masukan setelah mengisi survey

Sedangkan untuk mengecek poin, kamu bisa masuk ke akunmu. Nantinya di bagian bawah ada tab history yang berisi semua survey apa saja yang berhasil kamu selesaikan beserta poinnya.

pengguna juga bisa melihat riwayat survey yang telah dikerjakan

Proses Withdraw YouGov

Untuk bisa menikmati penghasilanmu, YouGov menetapkan 5000 poin sebagai batas minimal. Dengan kata lain, kamu harus mengumpulkan poin sebanyak 5000 terlebih dahulu yang nantinya poin tersebut bisa ditukarkan ke berbagai hadiah, antara lain:

  • Poin Air Asia (senilai 2500)
  • Pulsa (senilai 200.000)
  • Saldo PayPal (senilai $25 SGD / 200.000)
  • Tokopedia Gift Card (senilai 200.000)
  • Donasi ke Unicef

Opsi penukarannya nanti akan aktif otomatis ketika poinmu sudah mencapai ambang batas penukaran. Berikut saya contohkan ketika saya mencairkan poin YouGov ke saldo PayPal.

Pertama, masuk ke akunmu dan pilih PayPal.

yougov bisa melakukan pencairan dana melalui paypal

Di halaman berikutnya, kamu akan disuguhkan ketentuan agar penarikan saldo ke PayPal bisa berjalan dengan lancar. Salah satu syaratnya adalah akun di PayPal dan YouGov harus menggunakan email yang sama. Dengan kata lain, saldo tidak bisa cair jika email PayPal dan email YouGov milikmu berbeda.

Beruntung email yang saya gunakan di kedua platform tersebut sama. Jadi, tidak ada kendala yang saya alami.

Klik tombol 'Continue' untuk melanjutkan proses.

yougov membutuhkan 30 hari kerja untuk mengirim saldo ke paypal

Selanjutnya isikan alamat email PayPal punyamu. Ingat, jangan sampai salah! Kemudian klik 'redeem'.

email yougov dan paypal harus sama agar proses withdraw tidak gagal

Jika muncul notifikasi, klik 'redeem' lagi.

konfirmasi withdrawal

Proses pencairan poinmu berhasil dan sedang dalam proses. Langsung saja klik 'Done'.

poin yougov berhasil ditukarkan menjadi hadiah

Setelahnya kamu akan mendapat email yang memberitahukan tentang detil withdrawal-nya. Proses pencairan dana membutuhkan waktu 30 hari kerja. Tinggal tunggu masuk ke akunmu.

setelah melakukan withdraw, pengguna akan mendapat email konfirmasi

Mendapatkan Poin Dengan Cepat

Selain mengerjakan survey online, YouGov juga menyediakan fitur referral untuk memperoleh poin tambahan dengan cepat. Jadi, kamu harus mengajak orang lain untuk menginstal dan menyelesaikan survey di YouGov.
Untuk mendapatkan link referral, kamu tinggal masuk ke akun dan klik tombol 'Refer A Friend'.

pengguna bisa mengajak orang lain join yougov untuk mendapat poin tambahan

Kemudian klik tombol 'Share Referral' untuk menyalin atau membagikan kode referral.

kode referral yougov bisa disalin atau dibagikan langsung ke social media

Setiap orang yang berhasil kamu ajak dan sudah menyelesaikan 6 survey, kamu mendapat komisi sebesar 200 poin.

Kekurangan YouGov

Sebagai penyedia layanan survey online berbayar dan terpercaya yang hadir di banyak negara, menurut saya YouGov masih kurang maksimal dalam beberapa hal. Salah satunya adalah ketersediaan survey yang terhitung sangat jarang, dalam sehari saja belum tentu ada survey baru yang bisa dikerjakan.

Belum lagi reward berupa poin yang terkadang nilainya sangat kecil, berkisar 50 - 500. Seringnya sih ada di angka 200 ke bawah.

Jumlah survey yang terbatas dan poin yang tidak seberapa membuat pengguna terhitung sulit untuk mencapai batas 5000 poin demi sebuah withdraw. Dari pengalaman saya sendiri membutuhkan waktu lebih dari 1 tahun untuk bisa withdraw dari YouGov. Lama sekali, bukan?

Kesimpulan

Meski bayarannya tidak seberapa, hal tersebut berbanding lurus dengan survey yang tidak membutuhkan spesifikasi khusus. Sangat jarang ada aplikasi survey berbayar yang mampu tidak menuntut spesifikasi khusus dari pengguna sebelum mengerjakan survey.

Tapi, mengingat tidak pastinya penghasilan melalui aplikasi survey ini, YouGov cocoknya cuma buat sampingan saja. Ya, itung-itung bisa mengisi waktu di kala senggang. Untuk masalah uang, anggap saja sebagai bonus. Kecuali kamu bisa mengajak banyak orang join ke YouGov pakai link referral-mu. Itupun tidak mudah.

Semoga ke depannya YouGov Indonesia semakin berkembang dan penggunanya dimudahkan mendapat poin. Amin~


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel