Cara Belanja di Shopee bagi Pemula

cara belanja di shopee dengan aman untuk pemula

Sejak menjamurnya internet di masyarakat, belanja online kini menjadi sebuah hal yang lumrah dilakukan. Bahkan, beberapa orang sudah menjadikannya sebuah lifestyle (gaya hidup) baru. Ya, memang tidak heran sih karena sekarang ini sudah banyak online shop dan marketplace yang tentunya memfasilitasi kamu untuk beli barang online.

Selain lebih praktis, belanja online juga sangat mudah dilakukan. Kamu bahkan hanya membutuhkan smartphone untuk melakukan transaksi pembelian. Meski begitu, tetap saja ada beberapa orang yang belum paham bagaimana cara melakukannya. Tidak masalah, mungkin ini kali pertamamu ingin beli barang online. Saya dulu juga sama kok.

Salah satu marketplace yang sudah memiliki nama besar ialah Shopee. Aneka pilihan barang bisa kamu temukan disana. Selain itu, Shopee sangat sering memberikan promo menarik seperti gratis ongkir dan voucher diskon.

Menariknya lagi, marketplace dengan warna dasar orange ini memiliki sistem cashback berupa koin yang bisa dikumpulkan dan ditukarkan dengan aneka voucher/potongan harga.

Cara Belanja di Shopee via Aplikasi Android

Saya asumsikan disini kamu sudah memiliki aplikasi dan akun Shopee. Jika belum, silahkan download dan daftar terlebih dahulu.
Shopee for Android | Shopee for iOS
Pertama, buka akun Shopee dan silahkan pilih barang yang ingin kamu order.

memilih produk di shopee

Jika sudah ketemu, tekan tombol 'Beli Sekarang' untuk membeli barang. Jika ingin membeli lebih dari 1 produk, kamu bisa menaruhnya di keranjang terlebih dahulu, kemudian memilih produk lain yang ingin dibeli.

memilih penjual berkualitas di shopee

Di halaman review order, pastikan produk yang dibeli sudah sesuai. Kamu juga bisa menggunakan voucher atau koin Shopee untuk mendapatkan potongan harga, promo gratis ongkir, atau cashback berlipat.

cara menggunakan voucher di shopee

Barang orderanmu sudah siap dikirim, silahkan pastikan alamat pengiriman sudah benar. Jangan sampai salah, ya! Nanti barangmu tidak sampai ke rumah. Kemudian klik tombol 'Buat Pesanan' untuk lanjut ke proses pembayaran.

memastikan produk benar sebelum melakukan check out

Di kasus ini saya menggunakan metode transfer bank untuk pembayarannya. Silahkan transfer sejumlah uang sesuai keterangan ke nomor rekening bank yang kamu pilih.

lakukan pembayaran sesuai jumlah harga yang sudah ditentukan

Jika pembayaranmu berhasil dan sudah dikonfirmasi, kamu akan mendapat rincian pesanan tentang produk yang kamu beli.

rincian pesanan terkait produk yang dibeli di shopee

Barang sedang dalam pengemasan, tinggal menunggu dikirim dan sampai ke rumah. Biasanya membutuhkan waktu 1 - 3 hari, tergantung lokasi penjual. Bisa juga lebih dari seminggu jika barang dikirim dari luar negeri.

setelah pembayaran diterima, produk akan langsung dikemas dan dikirimkan ke alamat pembeli

Selesai. Berdoa saja agar barang yang kamu pesan cepat sampai.

Metode Pembayaran Shopee

Pembayaran yang saya gunakan untuk pembelian di atas adalah motede transfer bank. Namun, Shopee memiliki metode lainnya juga kok. Jadi, buat kamu yang belum memiliki ATM atau kartu kredit juga tetap bisa beli produk di Shopee.

Berikut beberapa metode pembayaran yang didukung Shopee:
  1. Kartu Kredit
  2. Transfer Bank
  3. Indomaret
  4. Alfamart
  5. ShopeePay
  6. OneKlik
  7. Kredivo (Cicilan)
  8. Akulaku (Cicilan)
  9. COD (Bayar di Tempat)

Tips Belanja Aman di Shopee

Tidak sedikit orang yang masih ragu membeli barang secara online karena takut beberapa faktor seperti barang tidak sampai, barang tidak sesuai, bahkan penipuan oleh oknum tertentu. Padahal aslinya belanja online itu asik, lho. Bisa menghemat banyak waktu dan tenaga karena tak perlu pergi kesana-kemari buat cari barang.

Berikut beberapa tips aman untuk kamu yang ingin berbelanja di Shopee:

1. Utamakan Beli Barang di Shopee Mall

shopee mall adalah fasilitas penjual yang memiliki brand resmi

Shopee Mall adalah fitur ekslusif Shopee yang diberikan kepada penjual yang memiliki brand/merk resmi. Jadi, bisa dipastikan barang yang nantinya kamu terima asli. Toko yang masuk ke list Shopee Mall juga memiliki layanan pengguna lebih baik. Misalkan barang yang kamu cari bukan dari brand tertentu, barulah kamu cari ke seller lainnya.

2. Memilih Seller Berkualitas

Ada dua tipe seller di Shoppe, yaitu Seller dan Star Seller. Dimana Star Seller tentunya memiliki reputasi yang lebih baik. Tidak sembarangan toko bisa memperoleh predikat Star Seller, Shopee memiliki kriteria dan ketentuan yang harus dipenuhi penjual untuk mendapatkan badge Star Seller.

Jika kamu ingin melakukan pembelian, poin ini bisa kamu jadikan acuan sebelum memutuskan membeli barang. Intinya, perhatikan reputasi toko sebelum kamu melakukan pembelian.

cara menjadi star seller di shopee
Data dilansir via Shopee

3. Penilaian Produk

Setiap orang yang sudah melakukan transaksi di Shopee diberikan izin untuk memberikan ulasan tentang produk yang sudah dibeli. Manfaatkan ini untuk melihat kepuasan pelanggan terhadap sebuah produk. Jika ulasan baik lebih banyak dari yang buruk, silahkan lanjutkan transaksi. Pastikan juga rating produk yang ingin dibeli memiliki minimal 4 bintang.

rating produk ideal di toko online adalah di atas 4 bintang

4. Pastikan Nomor Telepon Valid

Saat membuat akun Shopee, kamu diharuskan memasukkan nomor telepon untuk verifikasi. Usahakan nomor yang kamu masukkan valid, ya? Ini nanti sangat berpengaruh saat kamu melakukan transaksi pembelian. Nomor telepon juga bisa digunakan untuk kebutuhan lain seperti menghubungi penjual atau reset password saat kamu lupa sandi.

Oke, sekian untuk tutorial belanja di Shopee. Jika ada pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar di bawah.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel