Cara Menghilangkan Mode Headset yang Stuck di Smartphone

masalah earphone yang sering terjadi pada smartphone

Pernah mengalami masalah ikon headset tidah hilang meski earphone sudah dicabut? Hal ini menjadi semakin menyebalkan karena semua notifikasi jadi tidak ada suaranya. Ya, karena sedang dalam mode headset, otomatis suara yang keluar dari smartphone hanya bisa didengarkan jika kita menggunakan headset. Padahal sudah dicabut, tapi kenapa tidak hilang?

Read more! Perbedaan Headset, Headphone, Earphone, dan Handsfree

Penyebab Mode Headset Tidak Hilang

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab masalah ini, antara lain:

  • Jack audio lengket karena jarang dipakai.
  • Jack audio lembab, pernah kena air, atau semacamnya.
  • Memaksakan menggunakan earphone yang tidak cocok dengan colokannya.
  • Ada kerusakan pada smartphone.

Mengatasi Mode Headset yang Muncul Terus

Jika kamu termasuk salah satu orang tidak beruntung yang mengalami masalah menjengkelkan ini, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

1. Keluar Masukkan Headset

Cara ini lebih seperti pancingan, masukkan headset setengah/full lalu keluarkan lagi. Lakukan berulang sampai ikon menghilang dari notification bar.

2. Tiup Lubang Colokan Headset

Debu bisa saja menjadi penyebab masalah ini, teksurnya yang lembut membuat debu dapat dengan mudah masuk ke port audio jack. Semakin lama akan semakin banyak dan menempel di dinding-dinding lubang. Debu juga bermuatan negatif sehingga mampu memberikan reaksi headset seolah sedang tertancap.

Kamu bisa coba meniup lubang colokan secara perlahan untuk menghilangkan debu ini. Lakukan berulang sampai benar-benar bersih. Kamu juga bisa menggunakan cotton bud atau benda lembut lainnya yang sekiranya bisa masuk untuk membersihkan debu di colokan headset.

3. Sentil Headset

Masukkan headset ke dalam lubangnya, kemudian sentil pelan-pelan pada headset. Hal ini juga merupakan pancingan agar jack audio mampu mendeteksi adanya headset dicabut.

4. Lakukan Panggilan dengan Mode Loudspeaker

Lakukan panggilan ke siapa saja dan suruh orang yang kamu panggil mengangkat teleponmu. Selanjutnya aktifkan opsi loudspeaker, di beberapa kasus cara ini mampu mengatasi ikon headset yang tidak mau hilang.

5. Menggunakan Earphone Toggle

Aplikasi ini berfungsi untuk mengatasi mode headset yang tidak hilang ketika headset dicabut. Cara kerja Earphone Toggle adalah mengaktifkan/mematikan headset secara manual.

Sejauh ini, cara ini adalah yang paling mudah dan simpel digunakan. Hanya saja tidak semua perangkat cocok menggunakan aplikasi ini. Namun, merk smartphone yang didukung termasuk banyak kok.

Dari kelima cara di atas, pastilah salah satu diantaranya berhasil saat dipraktekkan. Jika masih belum teratasi, coba tulis di kolom komentar dan kita diskusikan bareng.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel