Fungsi dan Tips Membeli Cooling Pad untuk Laptop

memilih cooling pad terbaik

Laptop sering dijadikan pilihan dibandingkan PC (Personal Computer) karena dinilai lebih ringkas dan praktis. Tidak seperti komputer yang hanya bisa digunakan di satu tempat saja, laptop bisa kamu bawa kemana-mana yang pastinya membuatmu lebih fleksibel karena kamu tidak perlu terpaku di satu tempat untuk melakukan suatu pekerjaan.

Namun, banyak orang sering mengeluhkan kinerja laptop yang berada di bawah PC, salah satunya adalah suhunya yang dinilai lebih cepat panas. Tentunya hal tersebut sedikit banyak mempengaruhi performa laptop saat digunakan. Untuk mengatasinya, cooling pad sering dijadikan alternatif untuk mengurangi suhu panas pada laptop.

Pentingnya Cooling Pad

Nah, dibalik fungsi utamanya untuk mencegah laptop overheat, cooling pad ternyata masih memiliki banyak fungsi lain. Berikut diantaranya:

1. Membuat Performa Laptop Lebih Stabil

Bukan rahasia lagi kalau laptop yang panas akan membuat performanya menurun. Dengan memakai cooling pad, suhu laptop akan terjaga yang membuat performanya tetap stabil meski digunakan dalam waktu yang lama. Processor juga mampu mengeluarkan performa terbaiknya berkat suhu yang terjaga.

2. Mencegah Laptop Mati Tiba-tiba

Pernahkah kamu mengalami laptop tiba-tiba mati atau restart sendiri? Jika iya, besar kemungkinan hal tersebut disebabkan oleh suhu yang terlalu panas (overheat). Jika laptop digunakan terlalu lama, apalagi untuk tugas yang berat, suhu akan meningkat. Jika sudah melebihi batas, laptop akan mati sendiri agar suhu bisa turun.

Dengan menggunakan cooling pad, tentunya overheat bukan lagi sebuah masalah karena udara segar akan selalu mengalir dan mendinginkan laptopmu. Hal ini berpengaruh juga pada umur perangkat yang menjadi semakin awet.

3. Sebagai Peninggi Alternatif

Terkadang menggunakan laptop yang diletakkan di atas meja begitu saja kurang begitu nyaman. Beberapa orang sering menambahkan semacam dudukan agar posisi laptop lebih nyaman untuk digunakan. Nah, hal ini bisa kamu akali dengan cooling pad. Selain kamu mendapatkan dudukan untuk laptopmu, suhu panas juga bisa diminalisir dengan memakai cooling pad.

kelebihan menggunakan cooling pad

Bagaimana, tertarik menggunakan coolind pad? Eiitttss tunggu dulu, sebelum kamu membelinya, ada baiknya untuk memperhatikan beberapa aspek berikut ini agar fungsi yang kamu dapatkan bisa semaksimal mungkin. Apa saja?

1. Perhatikan Ventilasi pada Laptop

Pertama, perhatikan letak lubang buangan panas (ventilasi) di laptopmu, apakah di bawah atau di samping. Jika letaknya di samping, kamu bisa membeli cooling pad untuk pendingin tambahan. Tapi, jika ventilasinya ada di bawah, cooling pad bukanlah pilihan yang tepat karena akan membuat sirkulasi udara menjadi tidak lancar (tabrakan). Kamu bisa menggunakan vacuum cooler jika laptopmu memiliki ventilasi di bawah.

2. Ukuran Laptop

Jangan lupa juga memastikan ukuran yang benar-benar pas agar penggunaannya tidak sia-sia. Jika lebih besar sedikit sih tidak terlalu jadi masalah, yang jelas ukuran cooling pad jangan sampai lebih kecil dari laptop.

3. Jumlah Kipas

Jika kamu hanya menggunakan laptop untuk kebutuhan sehari-hari (ringan), tidak perlu membeli cooling pad dengan jumlah kipas yang banyak, cukup satu atau dua saja. Namun, berbeda cerita jika laptopmu memang digunakan untuk kebutuhan yang berat. Jumlah kipas sangat berpengaruh untuk menghasilkan daya udara yang lebih besar.

Sedikit tambahan untuk kamu yang memutuskan menggunakan cooling pad, kalau bisa sih jangan dicolok langsung ke laptop. Lebih baik colokkan cooling pad ke stop kontak langsung. Hal ini bertujuan untuk mengurangi beban laptop. Tapi, jika tidak ada stop kontak sih tidak masalah juga kok.

Itulah fungsi dan tips membeli cooling pad yang bagus. Kalau ada yang masih ingin ditanyakan, tulis saja di kolom komentar.

Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel