Pengertian DNS (Domain Name System)

DNS adalah Domain Name System yang fungsinya untuk menerjemahkan alamat IP

Setiap orang, termasuk kamu pastilah pernah mengunjuni sebuah website bukan? Untuk mengakses website atau situs, kamu diharuskan mengetikkan nama domain pada web browser yang akan membawa kamu ke situs yang kamu tuju. Sebenarnya, dibalik nama domain tersebut ada sebuah alamat IP (Internet Protocol) yang mendefinisikan suatu domain.

Read More! 6 Cara Membuka Situs yang Diblokir

Namun, tentu akan sangat menyusahkan jika harus menghafal deretan IP dari suatu website untuk mengaksesnya bukan? Untuk itulah diciptakan DNS (Domain Name System) untuk menerjemahkan alamat IP. Jadi, kita sebagai pengunjung akan dimudahkan ketika ingin membuka situs tertentu.

Pengertian DNS (Domain Name System)

Macam-macam ekstensi domain dan jenisnya

DNS adalah sebuah Distribute Database System yang digunakan untuk mencari nama komputer. Gampangnya, DNS adalah sistem yang berfungsi untuk menerjemahkan IP ke domain atau domain ke IP.

DNS sendiri pertama kali ditemukan pada tahun 1983 (RFC 882 dan RCF 883) dan dikembangkan pada tahun 1987 menjadi RCF 1034 dan RCF 1035.

Read More! 8 Penjualan Domain Termahal di Dunia

Kalau dianalogikan, DNS bisa diibaratkan sebagai kontak telepon yang dimana terdapat nama dan nomor telepon orang yang bersangkutan. Nah, kamu bisa langsung menghubungi orang tersebut melalui nama atau via dial pad dengan mengetikkan nomor teleponnya bukan? Cara kerja tersebut sama dengan DNS.

Dengan adanya DNS, kamu tidak perlu lagi menghafal alamat IP yang tersusun dari berbagai angka, melainkan cukup menghafal nama domain saja. Jadi lebih mudah, bukan?

Struktur DNS

Perbedaan protokol http dan https

Domain sendiri terbagi ke dalam beberapa level yang berbeda, level tersebut diantaranya:

Root Level Domain

Level ini merupakan level paling atas yang digambarkan dengan tanda titik (.). Contoh penggunaannya seperti pada id.wikipedia.org dimana 'id' merupakan Root Level Domain.

Top Level Domain

Top Level Domain atau yang sering disingkat TLD merupakan domain tingkat atas yang paling sering digunakan banyak website. Domain jenis ini dibagi ke dalam beberapa ekstensi yang berbeda, seperti:

  • .com (Commercial)
  • .net (Network)
  • .org (Organization)
  • .gov (Goverment)
  • .edu (Education)
  • .mil (Military)

Penggunaan TLD biasanya disesuaikan dari isi sebuah website itu sendiri. Situs umum biasanya menggunakan ekstensi '.com', sedangkan .gov biasa digunakan untuk situs pemerintahan. Begitu juga untuk domain lain yang memiliki fungsi berbeda.

Second Level Domain

Second Level Domain sering juga disebut SLD. Biasanya digunakan sebagai subdomain atau domain turunan dari domain utama. Penyedia domain jenis ini yang paling populer adalah Blogspot dan Wordpress.

Misal TeknoSee ini saya buat di patform Blogspot, maka namanya akan menjadi teknosee.blogspot.com (SLD). Lain lagi jika saya buat di platform Wordpress, maka namanya akan menjadi teknosee.wordpress.com (SLD).

Third Level Domain

Level ini merupakan level terendah yang letaknya di sebelah kiri SLD. Misal id.wikipedia.ord, maka Third Lebel Domain-nya adalah .id.

Host Name

Gampangnya sih disebut www. Misal www.teknosee.com, www adalah host.

Fungsi DNS

Selain fungsi utamanya untuk menerjemahkan alamat IP dan domain. DNS memiliki fungsi lainnya, antara lain:

  • Menyediakan alamat IP bagi setiap host
  • Melakukan pendataan server email 
  • Mengidentifikasi alamat komputer dalam suatu jaringan

Kelebihan DNS

Ada beberapa kelebihan dari penggunaan DNS, antara lain:

  • Memudahkan pengguna dalam mengakses sebuah website tanpa perlu menghafal IP-nya, cukup domainnya saja
  • Konfigurasinya mudah
  • Konsisten (IP berubah tapi host name tidak berubah)

Kekurangan DNS

Ada beberapa kekurangan dari penggunaan DNS, antara lain:

  • Implementasinya cukup sulit untuk orang yang belum terbiasa
  • Tidak ada nama domain yang sama

Bagaimana, sudah tahu kan tentang apa itu pengertianDNS? Bisa dibayangkan jika DNS tidak ada, pasti akan sangat merepotkan sekali untuk setiap orang yang ingin mencari informasi di internet. Dengan adanya DNS, semua itu menjadi lebih simpel dan mudah.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel