Perbedaan HTTP dan HTTPS dalam Sebuah Situs

http dan https itu berbeda

Banyak orang yang masih bingung dengan perbedaan HTTP dan HTTPS. Sebenarnya keduanya sama saja, hanya masalah keamanan yang berbeda. Untuk lebih jelasnya, silahkan kamu baca ulasan berikut ini.


Perbedaan HTTP dan HTTPS

HTTP atau Hypertext Transfer Protocol adalah protokol yang mengatur komunikasi client dengan server. Client bisa diartikan sebagai web browser yang digunakan untuk menerima dan menampilkan konten dari sebuah website.

Baca juga: 6 Cara Ampuh Membuka Situs yang Diblokir

Sedangkan HTTPS atau Hypertext Transfer Protocol Secure memiliki arti yang sama dengan HTTP. Ya, gampangnya sih HTTPS merupakan versi yang lebih aman dari HTTP. Tapi bukan berarti HTTP itu tidak aman, selama tidak ada data penting yang kalian kirim bisa dipastikan sebuah website tetap aman meski tanpa protokol HTTPS.

Kenapa Dikatakan Secure?

http + ssl = https

Imbuhan secure sendiri didapatkan dari sertifikasi SSL atau Secure Socket Layer. Jadi, data HTTP akan di-enkripsi saat dikirimkan dan di-dekripsi saat diterima oleh client atau pengguna. Pengamanan tersebut memberikan perlindungan data pengguna serta memastikan tidak adanya malware atau virus berbahaya yang disematkan ke dalam situs.

Port yang Digunakan

HTTP menggunakan port 80, sedangkan HTTPS menggunakan port 443.

Keuntungan Menggunakan HTTPS

Selain lebih aman, HTTPS juga memiliki keuntungan lain bagi sebuah situs, antara lain:
  • Meningkatkan kepercayaan pengunjung
  • Ranking di mesin pencari yang lebih baik
  • Mengamankan setiap data dan transaksi dalam sebuah situs, hal ini penting untuk website toko online dan sejenisnya.

Kesimpulan

Pada dasarnya sebuah situs mau menggunakan protokol HTTP atau HTTPS itu sama saja, hampir tidak ada bedanya. Situs yang tidak menggunakan HTTPS bukan berarti tidak aman, jadi tak usah takut apalagi parno. Yang tidak aman itu Deep Web! Semoga bermanfaaat.

Diberdayakan oleh Blogger.