5 Kuntungan yang Didapat Setelah Registrasi Ulang Nomor Telepon

registrasi kartu sim

Mulai tanggal 31 Oktober 2017 kemarin, semua pengguna telepon seluler di Indonesia diwajibkan untuk melakukan registrasi ulang. Registrasi ini digunakan untuk memvalidasi keabsahan identitas pengguna nomor telepon untuk meminimalisir kasus penipuan atau pesan hoax yang disebarkan melalui nomor telepon atau grup chat.

Dengan terdaftarnya nomor SIM, kasus seperti ini akan lebih mudah ditangani sehingga hal-hal yang merugikan pelanggan bisa diminimalisir. Tapi, selain hal tersebut masih ada banyak manfaat lain setelah kita melakukan registrasi ulang kartu SIM.


1. Terhindar dari Pemblokiran

pemblokiran nomor

Pemerintah memberi jangka waktu selama 4 bulan (sampai 28 Februari 2018) untuk melakukan registrasi ulang. Jika ada pengguna yang melewati batas tersebut, nomor tidak akan bisa digunakan untuk menerima telepon dan sms.

Nantinya akan ada lagi tambahan waktu selama 2 bulan. Jika masih ada yang tidak meregistrasi kartunya sampai tenggang waktu tersebut, nomor akan dinonaktifkan atau diblokir.Oleh karena itu sebaiknya lakukan registrasi dari sekarang agar nomor kamu aman.

2. Meminimalisir Tindak Kejahatan

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, tindak kejahatan seperti penipuan atau bisa diminimalisir. Semua data pengguna bisa dimonitor oleh pemerintah yang berarti nomor-nomor yang digunakan untuk melakukan penipuan bisa dilacak dengan mudah. Hal ini bertujuan untuk melindungi pengguna dari ancaman penipuan yang dilakukan oknum tak bertanggung jawab.

3. Meminimalisir Berita Hoax

maraknya berita hoax di masyarakat

Apakah kamu sering mendapat pesan berantai secara personal atau dari grup yang isinya tidak jelas? Berita seperti itu bisa jadi merupakan berita hoax yang memang sengaja disebarkan untuk tujuan tertentu.

Masih sama seperti poin di nomor 2, nantinya pelaku penyebar kabar yang tidak jelas asal-usulnya tidak akan bisa lagi melakukan hal serupa. Lewat kerjasama dengan operator seluler, pemerintah bisa dengan mudah melacak dan menemukan siapa pengguna yang menyebarkan berita tersebut.

4. Kemudahan Transaksi

Validasi data pengguna ini juga akan berimbas pada perekonomian dengan semakin mudahnya sistem transaksi. I Ketut Prihadi Kresna selaku Komisioner Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) mengungkapkan bahwa manfaat lain dari validasi nomor telepon dengan identitas akan lebih memudahkan pemerintah dalam menyalurkan bantuan kepeda mereka yang membutuhkan. Daripada harus melakukan suvei secara manual, cara ini menjadi lebih efektif dan praktis.

5. Data Aman (Tidak Disalahgunakan)

Saat kebijakan ini diumumkan, banyak masyarakat yang khawatir bahwa data akan disalahgunakan pihak operator untuk keuntungan pribadi. Nyatanya ini tidak benar. Operator seluler hanya dibatasi aksesnya untuk merubah dan menarik database pengguna. Selebihnya, data akan langsung masuk ke database Dukcapil. Jadi, tenang saja. Aman kok.

So, buat kamu yang belum juga registrasi, buruan registrasi deh! Masih ada waktu sampai 28 Februari.

Diberdayakan oleh Blogger.