7 Alasan Kenapa Pengguna Android Memilih Pindah ke iPhone

iPhone X menjadi smartphone keluaran Apple termahal saat ini

Mayoritas pengguna smartphone saat ini didominasi oleh dua sistem operasi terpopuler, yaitu Android dan iOS. Kedua sistem operasi tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Android dengan open source OS yang memudahkan penggunanya mengelola dan mengoprek jeroan dan iOS dengan close source OS yang menawarkan tingkat keamanan yang lebih tinggi bagi penggunanya.

Close source OS di iPhone sendiri sebenarnya memiliki kekurangan, yaitu pengguna tidak bisa bebas mengelola data dalam hape-nya sendiri. Contoh paling simpel seperti tidak adanya aplikasi File Manager di iPhone. Meskipun begitu, iPhone tetap memiliki daya tarik tersendiri karena memiliki performa yang selalu berada di atas Android. Meski spesifikasinya tidak segahar Android, iPhone menjanjikan sebuah jaminan kualitas akan performa smartphone-nya.

Baca juga: 7 Kode Rahasia di iPhone

Hal tersebut nenjadi salah satu alasan yang mendorong banyak user Android untuk pindah haluan ke iOS. Meskipun ganti hape (dengan sistem operasi berbeda) bukanlah hal yang mudah, berikut 5 alasan yang mengharuskan kamu pindah ke iOS.


1. Aplikasi Pihak Ketiga

Banyak sekali aplikasi pihak ketiga tersedia di app store

iOS merupakan platform utama yang sering dijadikan tujuan para developer untuk memasang aplikasi. Hal tersebut membuat para pengguna iPhone bisa mencicipi aplikasi lebih dulu daripada pengguna Android yang harus menunggu.

Baca juga: 5 Aplikasi Bajakan Paling Banyak Diinstal

Aplikasi-aplikasi besar seperti Instagram dan Clash of Clans dulunya juga hadir di iOS lebih dulu. Baru setelah populer, developer mulai melirik Android untuk melebarkan sayapnya. Selain aplikasi besar, banyak juga aplikasi-aplikasi mainstream yang berguna bisa kamu temukan dengan mudah di iOS.

2. Aplikasi Eksklusif

App Store menyediakan banyak aplikasi eksklusif khusus untuk pengguna iPhone

Nah, ini jadi satu kelebihan yang jelas tidak bisa disaingi oleh Android. Selain dukungan aplikasi pihak ketiga yang banyak, iPhone juga menyediakan banyak aplikasi eksklusif untuk penggunanya. Namanya eksklusif berarti aplikasi tersebut hanya ada di iPhone saja dan tidak akan kamu temukan di platform lain.

Ex: Infinity Blade, PDF Expert, TweetBot

3. Kinerja Cepat (No Lagging)

Multitasking dalam berbagai kondisi

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, iPhone menjanjikan performa yang tidak mengecewakan untuk para pelanggannya. Hal tersebut termasuk dalam user experience yang bagus untuk memberikan user pengalaman pengguna yang tinggi. Selain itu, iPhone juga dirancang sedemikian rupa agar selalu bekerja cepat, sekalipun digunakan untuk multitasking berat.

Baca juga: Alasan iPhone Selalu Jadi Primadona

Kamu akan tetap nyaman menggunakan iPhone untuk membuka banyak aplikasi sekaligus, bermain game dengan grafis tinggi, dan kegiatan lainnya.

4. Update Panjang

iPhone akan menerima update dalam jangka waktu yang panjang

Apple memberikan jaminan berupa update panjang untuk perangkatnya. Hal ini membuat iPhone dan perangkat i series lainnya memiliki masa pakai yang cenderung panjang. Apple menjanjikan dukungan pembaruan setidaknya 4 tahun setelah perangkat dirilis di pasaran.

Baca juga: Fitur-fitur di iOS 11

Itu berarti kamu bisa dengan tenang menggunakan perangkatmu dalam jangka waktu lama tanpa perlu khawatir tidak mendapatkan update. Ditambah Apple selalu meluncurkan update di waktu yang bersamaan. Dengan kata lain ketika update baru sudah rilis, semua perangkat i series bisa langsung menikmatinya.

5. Kualitas Tinggi

Build quality iPhone memiliki kualitas yang tinggi

Meski dibanderol dengan harga yang tergolong mahal, Apple selalu mengedepankan kualitas atas produk-produknya. Mulai dari material, build quality, plus bentuk yang memberikan kesan mewah akan kamu dapatkan. Bahkan kualitas tinggi tersebut masih akan kamu dapatkan meski kamu membeli iPhone bekas. Mantap kan?

6. Keamanan Pengguna Terjaga

Data pribadi pengguna dijaga baik oleh Apple

Selain kinerja yang cepat, Apple juga memberikan keamanan yang tinggi untuk setiap penggunanya. Mereka sangat menjunjung tinggi privasi yang dimiliki oleh pelanggannya. Ditambah sistem operasi close source membuat iPhone lebih aman dari ancaman dari luar, misal virus atau malware lainnya.

7. Premium (Gengsi!)

Sifat dasar manusia adalah ingin terlihat 'lebih' di mata orang lain

Siapa yang bisa memungkiri kalau orang yang menggunakan iPhone akan terlihat lebih 'wah' daripada mereka yang menggunakan smartphone selain iPhone. Entah kenapa prestige semacam ini masih ada di masyaratak yang membuat iPhone seakan-akan merupakan smartphone kelas satu yang memiliki nilai mewah yang tinggi. Bahkan sampai ada beberapa orang yang membeli iPhone refurbished atau iPhone bekas hanya karena ingin eksis. Benar kan?

Itulah 7 alasan kenapa pengguna Android memilih pindah ke iPhone. Kamu sendiri pakai smartphone apa?

Diberdayakan oleh Blogger.