Popularitas Menurun, Snapchat Rilis 5 Fitur Baru

logo snapchat

Saat pertama kali dirilis, Snapchat mampu menggebrak dan bersaing dengan aplikasi chatting lainnya seperti WhatsApp. Bahkan fitur Stories yang populer di Instagram saat ini adalah fitur yang pertama kali ada di aplikasi chatting buatan Evan Spiegel ini.

Sayang, seiring berjalannya waktu nampaknya Snapchat mulai menurun popularitasnya. Pengguna aplikasi ini bahkan cenderung menurun dari waktu ke waktu.

Sebelumnya Facebook pernah mencoba untuk mengakuisisi Snapchat namun selalu gagal. Sang pendiri, Evan Spiegel nampaknya yakin bahwa aplikasinya bakal terus sukses dan berkembang. Namun, nyatanya kepopuleran Snapchat dirasa makin surut.

Untuk mengatasi hal ini, perusahaan Snap.Inc pun melakukan pembaruan dan menambahkan beberapa fitur baru untuk mendongkrak kembali nama Snapchat. Ada 5 fitur yang akan disematkan untuk aplikasi chatting yang dominan dengan warna kuning ini, antara lain:


1. Birthday Party

Fitur yang sama sebenarnya sudah diadopsi oleh Facebook, setiap ada teman yang berulang tahun kita akan mendapatkan notifikasi dan bisa mengucapkan ulang tahun kepada yang bersangkutan. Fitur yang diadopsi Snapchat ini kurang lebih sama seperti di Facebook, hanya saja terkesan lebih 'meriah'. Saat berulang tahun, nantinya akan ada emoji kue dan filter khusus yang bisa digunakan. Untuk mengaktifkannya, kamu cukup masuk ke Setting - Birthday - aktifkan menu 'Birthday Party'.

2. Voicemail

Sama seperti pesan instan lainnya, Snapchat juga memungkinkan penggunanya mengirimkan rekaman suara atau voicemail. Untuk melakukannya, cukup tekan dan tahan ikon 'telepon' di layar chat dan aplikasi akan mulai merekam suaramu, kemudian lepaskan jari untuk mengirim atau geser ke tanda silang untuk membatalkannya.

3. Travel Mode

Mode ini fungsinya kurang lebih seperti data saver, kamu bisa mengurangi penggunaan data dalam aplikasi menggunakan fitur ini. Untuk mengaktifkannya, klik Profile Screen - Seting - Manage - pilih menu 'Travel Mode'.

4. Tebak Judul Lagu

Fitur ini sekilas mengingatkan kita pada Track ID atau Shazam. Fitur ini akan membantumu menemukan judul dan informasi dari lagu yang diputar. Untuk menggunakannya pun mudah kok, kamu hanya perlu membuka kamera di Snapchat dan tekan layar untuk mulai tracking. Setelah muncul hasil, kamu juga bisa membagikannya dengan kontakmu.

5. Prediksi Cuaca

Agaknya fitur ini terkesan kurang begitu berguna, mengingat di smartphone kebanyakan sudah disediakan fitur sejenis. Namun, apa salahnya jika ada? Toh bisa berguna jika memang dimanfaatkan dengan baik. Untuk menggunakannya kamu hanya perlu menggunakan filter cuaca seperti biasa dan ketuk layar satu kali untuk mendapatkan prediksi cuaca 5 jam ke depan. Kamu juga bisa mengetuk dua kali untuk mendapatkan prediksi cuaca 3 hari ke depan.

Kamu sendiri, apakah juga menggunakan Snapchat?

Banner: Marketing Land

Diberdayakan oleh Blogger.