Sarahah, Aplikasi Untuk Mengirim Pesan Anonim

social media anonymous

Baru diluncurkan bulan Juni 2017, aplikasi Sarahah sudah berhasil menduduki "Top Apps" berminggu-minggu di beberapa negara. Unduhannya di Play Store sendiri sudah mencarapi 10 juta unduhan. Wow! Aplikasi perpesanan yang diklaim mirip dengan Ask.fm ini memungkinkan penggunanya mengirim pesan secara anonim ke pengguna lain.

Dalam bahasa Arab, Sarahah berarti kejujuran. Nama itu mewakili aplikasi ini yang memang bertujuan agar pengguna bisa mengirim pesan atau pendapat terhadap orang yang bersangkutan. Awalnya, Sarahah adalah aplikasi yang diciptakan untuk memberikan feedback atau umpan balik di kantor atau tempat kerja.


Sarahah sendiri adalah aplikasi yang dibuat oleh programmer Arab Saudi, Zain al-Abidin Tawfiq. Sarahah berhasil mengumpulkan basis pengguna yang kuat di Mesir. Aplikasi ini sangat populer dikawasan Timur Tengah dan sekarang sudah mulai berkembang di Amerika dan Eropa.

“Sarahah membantu Anda dalam menemukan kekuatan dan area Anda untuk perbaikan dengan menerima umpan balik yang jujur dari karyawan dan teman Anda secara pribadi,” tulis keterangan aplikasi Sarahah.

Cara Menggunakan Sarahah

download dan instal sarahah di android

Seperti aplikasi sejenis, kamu hanya perlu mengunduh dan membuat akun sebelum dapat menggunakan aplikasi Sarahah. Setelahnya, kamu bisa membagikan profilmu ke social media atau yang lainnya. Mereka yang menemukan akunmu dan tahu tentang dirimu bisa mengirimkan pesan anonim, entah itu kritik, saran, atau hanya sebatas sapaan.

Kamu sebagai pemilik akun juga punya kendali atas semua pesan yang masuk. Kamu bisa menghapus pesan atau memblokir akun pengirim pesan jika kamu merasa itu mengganggu. Semua aktvitas yang kamu lakukan tidak akan diketahui oleh si pengirim, begitupun sebaliknya.

berbagai fitur yang ada dalam aplikasi sarahah

Aplikasi ini memang merupakan social media yang digunakan untuk komunikasi satu arah saja. Jadi, jika kamu punya kata-kata yang tidak bisa kamu ungkapkan secara langsung, menggunakan Sarahah bisa jadi alternatif untuk mengungkapkannya.

Diberdayakan oleh Blogger.