Pentingnya "Eject" Sebelum mencabut Flashdisk


Terkadang karena buru-buru, kita langsung mencabut flashdisk tanpa melakukan eject terlebih dahulu. Padahal ini merupakan kebiasaan buruk, lho. Bahkan jika sering dilakukan dalam jangka waktu yang lama bisa merusak flashdisk dan membuat data di dalamnya corrupt. Hal ini juga berlaku untu hard disk eksternal.


Eject atau Safely Remove Hardware sendiri adalah fitur yang berfungsi untuk memberitahukan kepada sistem komputer bahwa penggunaan flashdisk sudah selesai, jadi semua proses yang berhubungan dengan flashdisk akan dihentikan. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga flashdisk dan data di dalamnya agar tidak terjadi kerusakan saat dicabut. Jika tidak melakukan eject, ibaratnya kamu menghentikan proses yang sedang berjalan secara tiba-tiba.

Langsung mencabut flashdisk tanpa melakukan eject dapat membuat flashdisk menjadi RAW. FYI, format default flashdisk adalah FAT32 atau NTFS. Jika sudah begini, kamu tidak akan bisa menggunakan flashdisk karena akan selalu minta format saat dicolok. Dan meskipun kamu format, proses tidak akan berjalan (error). Menyusahkan bukan? Data di dalamnya juga bisa corrupt, hilang, atau terkunci.

Baca juga: Cara Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk

Sebenarnya, sekalipun kamu langsung mencabut flashdisk tanpa eject juga tidak langsung membuat flashdisk-mu rusak, hanya saja ini merupakan kebiasaan yang tidak baik. Tidak mau juga kan jika tiba-tiba data di dalam flashdisk-mu hilang atau corrupt? Apalagi data penting atau data pribadi yang akan digunakan. Dengan melakukan eject, flashdisk kamu juga akan lebih awet dan memiliki masa pakai yang lebih lama.

Bagaimana? Sudah tahu kan sekarang pentingnya eject flashdisk sebelum mencabutnya? Semoga artikel ini bermanfaat.

Banner: How-To Geek

Diberdayakan oleh Blogger.