Cara Cepat Menutup Aplikasi "Not Responding" Tanpa Task Manager

not responding is a response

Tak jarang saat kita menjalankan suatu aplikasi atau game, tiba-tiba saja aplikasi tersebut "not responding" dan freeze tidak bisa di-close. Hal yang sungguh menjengkelkan, ya? Kalau sudah begini, cara paling ampuh adalah mengandalkan task manager (Ctrl + Alt + Del) untuk menutup paksa aplikasi yang sedang berjalan.

Tahukah kamu kalau ada cara yang lebih cepat untuk melakukan hal yang sama tanpa menggunakan task manager? Prosedurnya sih sama saja, tapi cara ini memberikan kemudahan dan cocok buat kalian yang tidak suka ribet.


Cara Cepat Menutup Aplikasi "Not Responding" di Windows

1. Buat shortcut baru di desktop dengan cara klik kanan - new - shortcut.

membuat shortcut di desktop

2. Ketikkan taskkill.exe /F /FI "status eq NOT RESPONDING" pada kolom yang tersedia, kemudian pilih Next

mencari lokasi shortcut

3. Beri nama shortcut yang kamu buat (bebas), misal saja "Task Killer" kemudian klik Finish

memberi nama shortcut

Selesai, kamu akan menemukan sebuah shortcut baru di desktop. Jadi, ketika kamu mengalami aplikasi not responding tinggal klik saja shortcut tersebut dan masalah akan selesai. Eniwei, untuk mempermudah akses, kamu bisa meletakkannya di start menu atau taskbar dengan cara klik kanan - 'Pin to Start Menu' atau 'Pin to Taskbar'.

Untuk mempercantik tampilan shortcut yang kamu buat, kamu juga bisa mengganti icon-nya agar lebih menarik. Untuk melakukannya arahkan kursor ke shortcut dan klik kanan - properties - change icon.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Diberdayakan oleh Blogger.