Smartphone Gak Bisa Di-charge? Atasi dengan 5 Cara Ini

cara mengisi daya smartphone yang benar

Namanya barang eletronik itu sudah sewajarnya punya masa pakai tertentu, tak terkecuali smartphone. Maksudnya, performa akan terus menurun seiring perangkat tersebut digunakan. Dan salah satu komponen yang paling sering dikeluhkan pengguna adalah baterai. Entah itu semakin boros, indikator tidak sesuai, bahkan sampai tidak bisa di-charge.

Jika kamu mengalami masalah tersebut jangan buru-buru panik. Coba dulu beberapa tips alternatif untuk mengatasi smartphone tidak bisa di-charge berikut ini.


1. Cek Sumber Daya

sesuaikan arus listrik saat isi daya

Jangan salah, daya yang tidak sesuai itu akan berakibat pada proses charging yang kamu lakukan, lho. Jika daya terlalu rendah dari yang dibutuhkan, smartphone mungkin akan terisi namun sangat lama. Di beberapa kasus yang terjadi baterai tidak bertambah tapi malah berkurang. Jadi, pastikan sumber daya yang kamu pakai cocok, alias gunakan charger asli bawaan smartphone.

2. Pastikan Kabel dalam Kondisi Baik

pilih kabel dengan kualitas bagus

Tak jarang karena kabel asli hilang, banyak pengguna menggunakan asal kabel (yang penting cocok) untuk mengisi daya baterai ponsel. Padahal kabel ini punya fungsi yang penting lho. Kabel bawaan pastinya sudah didesain sedemikian rupa agar dapat mengalurkan listrik dengan baik. Beda dengan kabel alternatif yang tidak jelas kualitasnya.

3. Perhatikan Juga Adapter Charger

pilih adapter yang sesuai

Sama seperti kabel, daya yang dikeluarkan adapter ini sudah disesuaikan sesuai kebutuhan baterai smartphone. Jadi, jika kamu memaksa menggunakan adapter lain untuk keperluan isi daya tapi baterai tidak bisa terisi, bisa jadi masalahnya ada pada adapternya. Selalu gunakan adapter bawaan, atau gunakan adapter lain namun yang punya daya sama seperti adapter bawaan.

4. Periksa Port USB

bersihkan port usb secara berkala

Bisa jadi juga alasan smartphone kamu gak bisa di-charge itu gara-gara port USB-nya yang kotor. Ya, karena port ini memang rentan kemasukan kotoran atau debu. Apalagi lubangnya yang kecil jadinya malas kalau mau membersihkan. Kalau memang gak bisa di-charge gara-gara port-nya kotor, langsung dibersihkan.

5. Kalibrasi Baterai

kalibrasi baterai yang rusak

Jika semua komponen sudah kamu cek dan ternyata baterai tetap tidak mau diisi, coba kalibrasi baterai ponselmu. Ada dua cara untuk melakukannya, manual dan otomatis. Cara manual-nya dengan menggunakan smartphone sampai mati (baterai habis), setelah itu charge hape (dalam kondisi mati) sampai penuh. Ingat, harus penuh baru boleh dicabut. Kalau yang otomatis, caranya dengan pakai aplikasi Battery Calibration. Tinggal jalankan dan klik saja. Simpel kan?

Kalau dengan berbagai cara tersebut masih saja gagal. Yah, mungkin kamu memang harus ganti smartphone baru.

Diberdayakan oleh Blogger.