5 Cara Menyimpan Smartphone yang Baik dan Benar

menyimpan dan meletakkan smartphone yang benar

Smartphone merupakan barang elektronik yang berarti harus diberikan perawatan agar kualitasnya terjaga dan tidak mudah rusak. Salah satu cara merawat smartphone adalah bagaimana cara kita dalam menyimpan smartphone itu sendiri.

Baca juga: 4 Hal yang Haram Dilakukan Saat Proses Charging

Terkadang, banyak orang yang kurang peduli dengan hal ini. Asal taruh saja, toh yang penting bisa dipakai. Eitss, sebaiknya dari sekarang mulai perhatikan deh, ini demi hapemu juga kok. Berikut 5 cara yang benar dalam menyimpan dan meletakkan smartphone.


1. Letakkan Dengan Layar di Bawah

letakkan smartphone dengan layar menghadap ke bawah
www.teknoplace.com
Seringkali orang meletakkan smartphone dengan layar menghadap ke atas untuk menghindari goresan pada layar. Padahal sejatinya layar smartphone lebih tahan goresan dibandingkan bagian bawah (casing), terutama lensa kamera. Ditambah smartphone sekarang yang mayoritas menggunakan kaca pelindung Gorilla Glass atau Dragontrail Glass tentu membuat layar lebih tahan terhadap goresan. Jadi, akan lebih baik meletakkan smartphone dalam keadaan terbalik (layar di bawah).

2. Jangan Simpan Dekat Medan Magnet

Karena tidak peduli atau mungkin tidak tahu, banyak orang sering meletakkan smartphone di atas kulkas, dekat tv, laptop dll. Padahal sebenarnya ini tidak baik, lho. Semua benda tersebut mengandung medan magnet yang tinggi yang bisa membuat smartphone terganggu. Biasanya sih dead pixel. Jadi alangkah baiknya, mulai sekarang hindarkan hape kamu dari benda tersebut.

3. Jangan Simpan di Saku Celana

bahaya menyimpan ponsel di celana
tekno.liputan6.com
Selain bisa mengganggu organ reproduksi, menyimpan smartphone di saku celana (terutama yang ketat) itu tidak baik. Jika dilakukan, hal ini berkemungkinan merusak fingerprint karena tekanan yang cukup tinggi. Belum lagi jika kamu menyimpannya di saku belakang dan lupa sampai mendudukinya. Bisa-bisa remuk tuh. Lebih baik simpan smartphone di saku baju atau di dalam tas.

4. Hindari Menyimpan di Dalam Lemari

Konon, suhu dalam lemari bisa membuat umur baterai smartphone lebih cepat berkurang. Entah ini mitos atau apa, tapi jaga-jaga selalu lebih baik kan? Menyimpan dalam lemari dalam waktu yang lama juga bisa membuat smartphone jamuran.

5. Simpan dengan Melepas Baterai

merawat baterai ponsel agar awet
www.bacatekno.com
Tips ini dilakukan jika kamu ingin menyimpan hape dalam waktu yang relatif lama. Biasanya sih karena ganti hape baru, jadi yang lama dimuseumkan. Tapi, jika baterainya tanam (non-removable) tidak usah dilepas juga. Cukup masukkan dalam box bersama aksesoris lainnya saja.

Diberdayakan oleh Blogger.