5 Aplikasi Android Terbaik Karya Anak Bangsa

download aplikasi via play store

Android kini menjadi sistem operasi mobile terpopuler yang paling banyak digunakan. Hal inilah yang membuat muncul banyak developer aplikasi untuk android. Memang kebanyakan aplikasi di Play Store dibuat di luar negeri, tapi bukan berarti Indonesia tidak ikut berkontribusi sama sekali. Banyak juga startup lokal yang sukses membangun aplikasi android yang bahkan sampai sekarang masih digunakan.

Ada 5 aplikasi yang saya masukkan dalam list di artikel ini. Kelima aplikasi ini menjadi yang terbaik di tahun 2016. Berikut ke-5 aplikasi tersebut.


1. Traveloka

aplikasi booking tiket pesawat

Diurutan teratas, ada Traveloka yang dinilai menjadi Aplikasi Android Terbaik buatan anak negeri tahun 2016. Traveloka selama ini dikenal sebagai aplikasi travelling yang kepopulerannya sudah banyak diakui para pengguna smartphone. Traveloka sendiri pada awalnya merupakan situs booking tiket, mulai dari pesawat hingga hotel.

2. Go-Jek

aplikasi ojek online

Go-Jek adalah layanan ojek online yang bisa dipesan langsung melalui smartphone via aplikasi Go-Jek. Aplikasi ini dibuat oleh orang asli Indonesia, Nadiem Makarim. Bisa dibilang ini adalah aplikasi yang sangat useful dan membantu bagi banyak orang. 

Disaat dulu ojek hanya bisa kita temukan di pangkalan, sekarang kita bisa mengaksesnya secara cepat dan mudah hanya dengan menggunakan hape. Selain ojek, Go-Jek juga bisa punya jasa lain seperti delivery makanan, pemesanan tiket, antar barang, bahkan beli pulsa pun bisa dilakukan.

3. OLX

jual beli barang

OLX (dulunya TokoBagus.com) adalah layanan pasang iklan gratis untuk para penjual. Konsepnya sih nawarin barang kita yang sudah tidak terpakai untuk dijual. Ya, konsepnya mirip seperti toko online kebanyakan. Hanya kalau di OLX penjualannya bersifat person to person (bukan bisnis). Jadi, kita tingga posting barang apa yang mau dijual sambil meninggalkan kontak yang bisa dihubungi. Nantinya tinggal nunggu ada pembeli yang berminat dengan barang yang kita jual. Simpel kan?

4. BaBe

news aggregator terbaik

BaBe adalah apliksi news aggreator buatan anak bangsa yang berhasil menjadi tren. News Aggregator sendiri bisa dikatakan seperti kumpulan berita dari berbagai sumber yang dijadikan dalam satu tempat. Jadi, dengan BaBe kamu bisa baca berita dengan berbagai topik dalam satu aplikasi. Hebat kan?

Berita yang ada dalam aplikasi ini diambil dari berbagai website besar di Indonesia. Selain membaca, kamu juga bisa berkomentar. Kalau mau, kamu bahkan bisa jadi kotributor di BaBe.

5. Tokopedia

e-commerce saingan bukalapak

Perkembangan jual beli online yang semakin pesat adalah alasan Tokopedia lahir. Tokopedia adalah website e-commerce buatan orang Indonesia, beliau adalah William Tanuwijaya. Dengan Tokopedia, semua orang kini bisa dengan mudah punya toko sendiri dan langsung berjualan secara online. Jadi, tidak perlu buat website sendiri untuk jualan dan yang pasti tidak perlu keluar uang.

Hadirnya Tokopedia sangat membantu orang-orang atau startup kecil yang ingin merintis usaha jualan online. Tinggal buat akun dan langsung bisa berjualan. Layanan ini juga gratis.

Maju Developer Indonesia!

Diberdayakan oleh Blogger.