6 Bahaya Main HP Sebelum Tidur

jangan tidur dekat ponsel

Smartphone kini sudah seperti hal wajib di kehidupan manusia. Tidak peduli dimana, smartphone tidak pernah lepas dari genggaman seseorang. Tak jarang kebiasaan ini pun berlanjut ketika menjelang tidur. Saat akan tidur, hal yang paling wajar dilakukan adalah mainan HP. Sudah seperti pengantar tidur kira-kira. Apakah kamu juga suka melakukannya?

Bermain ponsel saat tidur ternyata memiliki dampak buruk bagi kesehatan tubuh lho gaess. Cahaya terang (biru) yang dipancarkan oleh layar smartphone akan meningkatkan produksi melatonin dari otak. Melatonin akan menyebabkan seseorang merasa lebih sulit tidur.

Dalam penggunaan gelap, cahaya smartphone dapat berdampak berbahata bagi tubuhmu. Berikut 5 bahaya jika kamu menggunakan smartphone sebelum tidur.


1. Meningkatkan Resiko Kanker

Menurut penelitian, paparan sinar buatan (cahaya layar ponsel) akan meningkatkan resiko kanker payudara sekitar 17%. Penelitian lain juga menemukan bahwa orang yang suka kerja lembur di malam hari memiliki potensi yang lebih besar terserang kanker dan tumor payudara.

2. Kelelahan Otak

Hal ini terjadi karena bermain HP biasanya membuat kamu lupa waktu. Niat awal tidur jam 10, karena 'merasa' merem, kamu menyalakan ponselmu lagi dan meembuatmu tidur kelewat malam. Hal tersebut akan membuat otak lelah yang membuat hari esokmu kurang produktif karena otak masih lelah untuk beraktivitas.

3. Kerusakan Mata

dampak buruk cahaya biru dari smartphone

Cahaya biru dari smartphone akan membuat retina mata menjadi tegang. Hal ini tentu akan menjadi lebih parah jika kamu intens menggunakan smartphone setiap hari. Belum lagi penggunaan perangkat lain seperti laptop dan komputer. Cahaya biru tersebut akan membuat mata cepat lelah, bahkan para peneliti mengatakan bahwa kebiasaan ini jika dilakukan terus menerus bisa memicu katarak.

4. Peningkatan Berat Badan

Penelitian lainnya mengatakan bahwa paparan sinar buatan dari smartphone bisa menyebabkan peningkatan berat badan. Peningkatan ini disebabkan oleh sinar biru, sinar ini adalah sinar pemberi isyarat tubuh untuk bangun.

"Sinar biru dalam jumlah kecil mungkin tidak terlalu berbahaya, tapi hati-hati, otak lebih sensitif terhadap warna sinar ini dibanding warna lainnya. Dan tentu saja ini akan berpengaruh dengan jam aktif tubuh manusia," kata Profesor Horne dari Northwestern University di Chicago.

5. Gangguan Saraf

gangguan saraf akibat smartphone

Kebiasaan menggunakan smartphone sebelum tidur akan membuat hormon Nourotoxin meningkat yang menyebabkan tidur kurang nyenyak. Lebih mudahnya sih tidur jadi kurang berkualitas. Jika terus berlanjut, hal ini bisa saja memicu penyakit lainnya.

6. Rasa Ngantuk Sepanjang Hari

Paparan sinar biru di malam hari akan memberi dampak panjang. Saat keesokan harinya, Anda akan mengantuk seharian.  Hal ini disebabkan karena adanya perubahan metabolisme harian tubuh yang berjalan lebih lambat. Metabolisme yang berjalan lebih lambat ini akan melambatkan waktu aktivitas Anda di pagi harinya.

Diberdayakan oleh Blogger.