Mulai Sekarang, Kreator YouTube Harus Punya 10,000 View Sebelum Dapat Menayangkan Iklan

kebijakan baru youtube untuk memonetisasi video

YouTube adalah layanan berbagi video terpopuler di dunia saat ini. Diakuisisi Google pada tahun 2005, kini YouTube sudah berkembang pesat hingga mendapat peringkat 2 di Alexa. Sejak 5 tahun terakhir, YouTube memberikan kesempatan bagi para kreator untuk memonetisasi video di channel mereka menggunakan iklan (Google AdSense). Hal ini lantas membuat banyak orang berbondong-bondong ingin jadi Youtuber dan berharap bisa menghasilkan uang dari channel mereka.

Sejak program kerjasama ini dibuat, setiap kreator langsung bisa memonetisasi channel mereka sekalipun baru memiliki 1 video. Namun kini sudah berbeda, mulai saat ini tidak semua channel bisa memonetisasi video-nya dengan iklan. Mereka harus sudah memiliki total 10,000 views untuk mulai memonetisasi channel. Hal ini dilakukan Google untuk mengurangi konversi iklan di channel YouTube yang kurang kompeten, dikarenakan banyak dari mereka hanya re-upload video orang lain demi mendapatkan uang.

"Dalam beberapa minggu, kami akan melakukan review untuk kreator baru yang mendaftar program partner YouTube. Setelah kreator mencapai 10,000 view di channel mereka, kami akan melakukan review kembali sesuai kebijakan yang ada", tulis Ariel Bardin, Manajemen Produk YouTube.

Bagaimana? Kamu yang baru mau menjadi Youtuber, harus sedikit bersabar ya! Cari view dan subscriber yang banyak dulu, dan yang terpenting bikin konten yang berkualitas. Jangan lupa penuhi Community Guidelines dan Advertiser Policy dari YouTube.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel