Mengenal Hyperloop dan Cara Kerjanya

hyperloop adalah transportasi berkecepatan tinggi

Perkembangan teknologi pada masa kini begitu cepat. Banyak para pakar dan para ahli yang terus bekerja untuk mengembangkan tenologi agar mempermudah manusia. Salah satu contoh teknologi yang dapat mempermudahkan manusia adalah teknologi transportasi. Teknologi transportasi akan terus dikembangkan dengan tujuan agar jarak yang jauh menjadi dekat dan bisa ditempuh dalam waktu yang singkat.

Memang tidak bisa dipungkiri jika teknologi transportasi telah menjadi suatu kebutuhan pokok bagi manusia pada saat ini. Teknologi transportasi pada masa ini masih didominasi oleh pesawat, kapal dan kereta. Karena teknologi transportasi tersebut relatif mudah dan terjangkau. Walaupun secanggih apapun transportasi tersebut masih saja memiliki kekurangan. Seperti contohnya pesawat yang masih memiliki harga yang relatif mahal dan sangat tergantung dengan cuaca.

Seperti yang kita tahu Jepang merupakan negara maju yang terus mengembangkan teknologi transportasi. Di sana terdapat kereta yang sangat cepat telah beropersi. Bahkan saat ini juga telah dikembangkan teknologi transportasi berupa kereta super cepat yang diberi nama hyperloop yang diajukan oleh wiraswasta Elon Musk.

Apa itu Hyperloop?

perilisan dan peluncuran hyperloop pertama kali

Bagi masyarakat Indonesia pasti sangat asing dengan hyperloop. Sebenarnya hyperloop sendiri adalah konsep teknologi transportasi yang sangat jauh berbeda dari yang lainnya. Hyperloop merupakan jenis teknologi transportasi dengan jalur khusus berupa pipa raksasa dan penggeraknya yang seperti kompresor.

Hyperloop merupakan inovasi teknologi transportasi yang akan mengatasi semua masalah transportasi berupa biaya, waktu perjalanan dan cuaca. Digadang – gadang hyperloop akan mempunyai kecepatan 1000 km per jam. Bisa dibayangkan berapa cepat hyperloop yang mampu menempuh jarak Surabaya – Jakarta hanya dalam hitungan menit.

Prinsip Kerja Hyperloop

Hyperloop merupakan sistem transportasi dengan desain yang futuristik dengan kecepatan super cepat dengan menggunakan kereta dalam pipa yang memiliki tekanan udara yang rendah. Hyperloop akan memiliki kecepatan setara dengan kecepatan suara atau bahkan bisa melebihi kecepatan suara.

Jalur khusus hyperloop yang berupa pipa memiliki penampang yang berbentuk bulat penuh dan terbuat dari baja. Udara di dalam pipa raksasa ini akan dibuat hampir tidak ada. Ketiadaan udara inilah yang akan memperkecil gesekan antara kapsul dengan udara di dalam pipa tersebut. Kondisi inilah yang akan menyebabkan hyperloop melaju dengan sangat kencang.

bagian-bagian hyperloop buatan elon musk

Kapsul di dalam pipa digunakan sebagai bagian yang bergerak. Kapsul ini terdiri dari beberapa bagian penting yaitu di bagian bawah dan samping terdapat nozzle, di depan terdapat kompresor dan di bagian belakang dan bawah akan terdapat baterai. Serta di bagian tengah yang merupakan tempat penumpang.

Cara kerjanya, kompresor akan akan menghisap udara tipis di depan kapsul dan akan dikeluarkan di beberapa bagian dari kapsul sehingga akan menciptakan tekanan udara dan jarak kapsul dengan pipa akan berjarak antara 0,5 mm hingga 1,3 mm. Di samping itu tekanan udara juga akan digunakan sebagai daya dorong kapsul. Dengan prinsip kerja seperti itu maka hyperloop akan memiliki kecepatan yang super cepat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel