OnePlus Ketahuan Curangi Skor Benchmark!

kubu one plus ketahuan curangi skor benchmark one plus 3t

Kabar tak sedap sedang menimpa vendor smartphone asal Cina, OnePlus. Vendor yang berasal dari negeri tirai bambu itu dikabarkan telah memanipulasi skor benchmark agar mendapatkan nilai tinggi saat dites dengan berbagai tool benchamark. Perangkat yang dimaksud adalah OnePlus 3T, mereka memanfaatkan fitur baru yang ada pada processor Qualcomm Snapdragon 821 untuk memanipulasi skor benchmark.


Snapdragon 821 dibekali fitur boost clock untuk mendongkrak performa processor saat menjalankan aplikasi berat, seperti bermain game. Fitur ini akan menaikkan clock speed OnePlus 3T menjadi 1.29 GHz (big core) dan 0.98 GHz (small core). Dan setelah aplikasi dijalankan, processor akan kembali ke idle mode di kecepatan 0.31 GHz.

Namun saat menjalankan aplikasi benchmark macam Antutu, Geekbench, Quadrant dan lainnya, OnePlus 3T akan tetap menjalankan boost clock-nya dan tidak kembali ke posisi idle. Dikabarkan produk tersebut bisa mendeteksi jika aplikasi benchmark dijalankan, sehingga skor yang keluar akan tinggi. Kasus seperti ini bukanlah yang pertama kalinya. Sebelumnya Samsung dan HTC juga pernah mengalaminya.

FYI, OnePlus 3T sendiri punya skor Antutu 163.000 yang membuatnya berhasil menyabet gelar smartphone dengan skor Antutu tertinggi selama tahun 2016.

Mengingat nama besar OnePlus, sangat disayangkan hal ini harus terjadi, padahal keberadaannya cukup diperhitungkan lho. Yah, semoga saja kepercayaan konsumen tidak hilang untuk smartphone berlogo angka 1 dan simbol + ini.

Diberdayakan oleh Blogger.