AMD Ryzen Rilis Segera, Siapkan Dompetmu!

amd merilis ryzen mulai bulan maret 2017 di indonesia
image: wccftech.com
Akhir tahun 2016 kemarin, AMD resmi memperkenalkan processor terbarunya Ryzen di Amerika Serikat. Rencananya, Ryzen akan rilis sekitaran Februari 2017 di negeri Paman Sam tersebut. Jika demikian, bisa dipastikan processor terbaru buatan AMD ini akan mendarat di Indonesia sekitar bulan Maret - April tahun ini. Begitulah kata Armawati Chen selaku Business Development Manager AMD Indonesia.

Membawa banyak fitur andalan, AMD Ryzen siap bersaing ketat dengan rivalnya Intel Skylake. Sama seperti Intel, Ryzen juga tersedia untuk semua segmen baik itu entry-level, mainstream dan enthusiast. Angka 3, 5 dan 7 digunakan sebagai pembanding dimana 3 yang terendah dan 7 adalah varian tertinggi. FYI, Ryzen hadir dengan 3 varian yaitu 4 core, 6 core dan 8 core.

Satu yang menarik dari processor ini adalah teknologi virtualisasi (Hyper Threading kalau di Intel). Fitur ini membuat core processor di-virtualisasi atau dibaca 2 kali lipat! Itupun masih ditambah dukungan L2 dan L3 cache yang besar, total keduanya mencapai 20MB untuk varian tertinggi. Ryzen juga dibekali fitur SenseMI yang merupakan fitur untuk mengoptimalkan kinerja processor, meningkatkan kecepatan hingga penyesuaian suhu.


Fitur lengkap SenseMI:
  • Neural Net Prediction
  • Smart Prefetch
  • Pure Power
  • Precision Boost
  • Extended Frequency Range

sensemi adalah teknologi baru amd untuk meningkatkan performa processor
image: wccftech.com
Dengan TDP yang hanya 95W, AMD mengklaim Ryzen adalah processor yang efisien namun tetap memiliki performa yang tinggi. Semua varian processor ini juga mendukung overclocking.

Menariknya lagi, varian tertinggi (AMD Ryzen 7 1800X) dikabarkan akan dibanderol dengan harga $499 atau sekitar 6 jutaan. Sementara kubu sebelah membenderol $1000 atau sekitar 13 jutaan untuk processor yang setara.

varian processor amd ryzen beserta spesifikasi dan harganya
image: metrotvnews.com
Processor ini akan hadir lebih dulu di desktop. Untuk kamu yang berencana migrasi menggunakan Ryzen, pastikan motherboard kamu juga di-upgrade ya? Pasalnya Ryzen dipastikan akan menggunakan socket terbaru AM4. Kira-kira siapa yang bakal menguasai pasar? AMD atau Intel?


Diberdayakan oleh Blogger.