Kenalan Sama Fuchsia, Sistem Operasi Baru Milik Google

sistem operari terbaru buatan google
sumber gambar: thenextweb.com
Berbicara tentang sistem operai milik Google, mungkin yang ada di benak kalian adalah Android. Tahukah kamu, Google masih punya sistem operasi lain yakni Chrome OS untuk desktop dan Android Wear untuk perangkat wearable. Semua sistem operasi yang dikembangkan Google tersebut berjalan pada kernel Linux. Namun, ada berita yang mengabarkan bahwa Google sedang mengembangkan sistem operasi baru. Apa namanya?


Mengenal Fuchsia

Fuchsia OS namanya, berbeda dari yang lain, OS terbaru ini dijalankan di kernel Magenta yang dirancang untuk bersaing dengan sistem operasi IoT (Internet of Thing) seperti FreeTOS dan ThreadX. Kelebihan utama Fuchsia adalah bisa dijalankan multi-device, baik di smartphone, tablet atau desktop sekalipun. Fuchsia juga mendukung berbagai ukuran layar, jadi bisa dipastikan Fuchsia akan berjalan baik di semua perangkat.

Fuchsia dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman Dart dengan dukungan Flutter. Sekedar informasi, Flutter adalah sebuah project untuk membantu developer membangun aplikasi mobile berbasis iOS dan Android dengan kode tunggal.

Mengingat Fuchsia mendukung multi-device, banyak yang beranggapan sistem operasi ini akan menggantikan Android dan Chrome OS di masa depan. Ataukah ini adalah proyek gabungan dari Android dan Chrome OS? Mengingat bulan Oktober lalu, ada sebuah laporan yang menyatakan Google akan memperkenalkan gabungan kedua OS tersebut tahun depan.

Diberdayakan oleh Blogger.