Merugi, Nokia Resmi Ditutup Microsoft

lumia tidak akan hadir beberapa waktu ke depan

Ponsel asal Finlandia, Nokia adalah salah satu merek ponsel ternama yang sangat populer di jamannya dulu. Namun, sekarang Nokia hanya jadi sebuah nama yang orang hanya cukup "sekedar tahu" saja.

Resmi diakuisisi Microsoft pada 2014 lalu dengan dengan nilai $7,2 miliar, Microsoft pun merilis sejumlah merek Windows Phone terkenal, seperti Lumia 535, Lumia 520, Lumia 530, Lumia 430 dan Lumia 950.

Namun akhirnya Microsoft resmi menutup Nokia sekaligus menghentikan produksinya dikarenakan mengalami banyak kerugian. Bayangkan, penjualan Nokia bulan Mei lalu hanya mampu menorehkan angka 1% saja.


Alasan Nokia Tidak Populer

Seorang analis dari Prior Consulting, Eddy Murphy mengatakan "Langkah Microsoft mengakuisisi Nokia itu benar, hanya saja langkah tersebut telat sehingga kurang bisa bersaing dengan Android dan iOS".

Sudah begitu, masalah aplikasi juga menjadi faktor yang membuat Nokia mungkin tidak diminati. Bandingkan dengan Android dan iOS yang punya jutaan aplikasi, dan Nokia?

Baca juga: Apple Masih Unggul dari Google dan Microsoft

Akibat penutupan ini, perusahaan asal Washington, United States tersebut memangkas total 1.850 karyawan divisi mobile. Tindakan ini mendapat kritikan pedas dari pihak otoritas Finlandia karena Microsoft dianggap melanggar janjinya untuk menjaga perusahaan tetap hidup.

Akibatnya, angka pengangguran di Finlandia pun bertambah pesat dengan aksi PHK ini. Microsoft juga telah menutup pusat penelitian dan pengembangan (research and development) di Salo setelah melakukan pemutusan hubungan kerja pada 2.300 karyawan di Salo.

Diberdayakan oleh Blogger.