Hal-hal yang Jadi Pertimbangan Saat Beli Smartphone

memilih smartphone sesuai kebutuhan

Hampir setiap saat, selalu ada smartphone baru yang diluncurkan berbagai developer. Mulai dari Samsung, Apple, Xiaomi, Asus, Huawei yang selalu berlomba-lomba menghadiran smartphone terbaru andalan mereka.

Saat meu beli smartphone baru, orang sering bingung dalam menentukan pilihan. Belum lagi, manusia itu selalu punya banyak pertimbangan sebelum benar-benar menentukan apa pilihannya. Lalu, apa sih kira-kira pertimbangan atau alasan orang sebelu membeli smartphone baru?


1. Merek

penjualan apple berada diatas samsung

Tak bisa dipungkiri, merek biasanya menjadi langkah awal dalam menentukan pilihan. Setiap merek punya kelebihan dan kekurangan masing-masing yang membuat orang seringnya malah bingung. Yang ini bagus tapi mahal, yang itu murah tapi... Kamu sendiri suka merek apa?

Baca juga: Alasan Xiaomi Digemari Banyak Orang

2. Spesifikasi

Sesudah menjatuhkan pilihan pada merek, pertimbangan selanjutnya adalah spesifikasi. Tentunya, setiap orang mengharapkan ponsel dengan spesifikasi tinggi nan mumpuni agar bisa menangani berbagai aktivitas penggunanya.

Mulai dari processor apa yang digunakan, berapa kapasitas RAM yang dipakai juga awet tidaknya baterai menjadi bahan pertimbangan yang mutlak. Kalau mereka pengguna expert, mungkin bahan pertimbangannya akan lebih luas, misal resolusi layar, ketajaman warna atau bahkan jenis layar yang digunakan.

3. Sistem Operasi

perbedaan signifikan antara android dan ios

Saat ini, ada 3 jenis sistem operasi mobile yang digunakan, Android, iOS dan Windows Phone. Dari ketiga OS mobile tersebut, Android lah yang masih menjadi jawara di hati masyarakat. Mungkin karena sistem operasinya yang open source dan mudah dikustomisasi menjadi daya tarik tersendiri bagi si robot ijo.

iOS berada di urutan ke-2, seringnya iOS dipilih karena kualitasnya yang dianggap kelas atas. Memang sih, rata-rata iPhone memang dibuat dengan spesifikasi yang mungkin "biasa saja". Tapi, entah kenapa kinerja yang dihasilkan perangkat ini bisa maksimal.

Untuk Windows Phone, nampaknya tidak usah terlalu banyak berkomentar. Tak seperti sistem operasi desktop yang bisa dikatakan menjamur, Windows harus diakui memang kurang berjaya di kancah mobile.

4. Desain

iPhone menjadi hape dengan tingkat gengsi tertinggi

Desain juga jadi salah satu hal yang patut dipertimbangkan. Smartphone dengan desain elegan seperti iPhone selalu menjadi perhatian tersendiri di mata penggunanya. Dari dulu, iPhone memang dikenal sebagai ponsel dengan desain paling "menjual". Vendor lain pun tak mau kalah, semakin kesini, desain yang digunakan semakin bagus saja. Tentunya dengan bahan yang juga berkualitas. Kalau kamu suka desain vendor apa?

Baca juga: Sssttt, Ini Alasan Kenapa Apple Selalu Jadi Primadona!

5. Ukuran Layar

Terkadang masalah layar ini menjadi pertimbangan yang berat karena beberapa vendor ada yang mengeluarkan 1 hape dengan ukuran layar berbeda. Harga sama spesifikasinya sih cocok sama layar yang 5 inch, tapi kok pengen yang 5,5 inch. Duh, pernah mengalami juga?

Masalah lain adalah soal perlindungan, karena ada 2 jenis kaca pelindung yang paling sering digunakan, yaitu Gorilla Glass dan Dragontraill Glass.

6. Harga

Yang terakhir adalah harga. Mau sebagus apapun ponsel yang kamu pilih, mungkin kamu bisa berubah pikiran ketika melihat harga yang dibanderol ternyata mahal. Tapi, sekarang harga ponsel tidak semahal dulu. Sudah banyak ponsel pintar yang dibanderol murah namun tetap memberikan kualitas jempolan.

Jadi, faktor mana yang jadi petimbangan utama kamu saat beli hape baru?

Diberdayakan oleh Blogger.