Download dan Update Aplikasi di Play Store Kini Lebih Kecil

update aplikasi android di play store

Sebagai sistem operasi mobile yang paling banyak digunakan saat ini, Android terus dikembangkan dan diperbarui agar semakin sempurna. Yang terbaru, Google menambahkan sebuah algoritma baru yang nantinya akan memperkecil ukuran update aplikasi di Play Store. Algoritma ini namanya bsdiff.


Sebelumnya, ukuran yang tertera saat akan memperbarui aplikasi sama besar ketika kita akan mengunduh aplikasi. Padahal saat update, file yang di-download sebenarnya lebih kecil.

Nah, kini Google merubah ukuran yang tertera tersebut menjadi ukuran yang sebenarnya. Selain itu, algoritma yang dikembangkan Google ini akan mengkompresi ukuran file menjadi lebih kecil sampai 50% lho. Untuk ukuran file saat download pertama kali dikompres hingga 12%. Jadi, pemakaian kuota data bisa lebih dihemat.

Langkah ini diambil Google untuk lebih memudahkan pengguna yang masih terbatas dalam pemakaian bandwith. Sebelumnya, tidak sedikit orang yang malas memperbarui aplikasi dikarenakan ukuran yang terlihat besar dan seringnya update yang diberikan.

Google juga memberi saran kepada developer untuk membuang resource dan kode yang tidak diperlukan. Juga menggunakan format yang lebih efisien seperti menggunakan format gambar WebP dibandingkan format gambar Jpeg. 

Well, dengan sistem baru ini jangan malas untuk update aplikasi lagi, ya.

Diberdayakan oleh Blogger.