Water Resistant, Water Repellent, Waterproof. Apa Bedanya?

jenis-jenis anti air

Jaman sekarang sudah banyak produk elektronik yang menggunakan teknologi anti air baik itu jam tangan, kamera atau gadget. Seringnya masyarakat menganggap semua label anti air itu sama. Padahal ada perbedaan dan kategorinya masing-masing yaitu Water Resistant, Water Repellant dan Waterproof. Tahukah kalian apa perbedaan masing-masing istilah label tersebut?


1. Water Resistant (Kedap Air)

barang yang kedap air

Water Resistant adalah istilah yang digunakan untuk perangkat yang didesain sedemikian rupa agar sulit kemasukan air. Mesikpun bisa menahan rembesan air yang masuk, perangkat dengan label Water Resistant masih bisa kemasukan air jika ada dalam kondisi lama, misal untuk renang atau tercebur. Jenis ini didesain untuk menahan rembesan air sementara seperti saat kita mencuci atau saat dalam kondisi hujan. Produk yang paling banyak mengadopsi label ini biasanya jam tangan.

2. Water Repellant (Menolak Air)

perangkat yang menolak air

Water Repellant adalah tingkatan yang lebih tinggi dari Water Resistant. Produk yang sudah memiliki label Water Repellant didesain untuk menghindari dampak air. Perangkat dengan label ini melalui proses pelapisan yang lebih serius di bagian luar dan dalam sehingga lebih tahan air. Untuk menciptakan Water Repellent dibutuhkan zat-zat yang mampu menolak air seperti emulsi malam, sabun-sabun logam, dan zat aktif permukaan. Produk dengan bahan kain yang paling sering menggunakan label ini, misal jok mobil.

Sebuah material dapat diklasifikasikan kedalam jenis bahan water repellent jika memenuhi syarat sebagai berikut.
  • Tahan terhadap rembesan air dalam waktu yang cukup lama.
  • Memiliki kemampuan untuk mempertahankan butiran-butiran air diatas permukaan tanpa merembes melewati bahan.
  • Air di permukaan dapat dihilangkan dengan cara ditiup.
  • Pori-pori bahan tidak dapat ditembus oleh air, namun masih bisa dilalui oleh udara.

3. Waterproof (Tahan Air)

perangkat yang tahan air

Waterproof adalah tingkatan tertinggi dalam istilah anti air. Sejatinya, perangkat yang memiliki label Waterproof dapat menahan air dalam kondisi apapun walau eksrim sekalipun tanpa menimbulkan efek embun. Waterproof sendiri dibagi dalam berbagai kualitas yang diukur dengan skala Ingress Protection Rating. Skala ini dibagi ke dalam 9 peringkat (0-8) yang digunakan untuk mengukur seberapa efektif suatu perangkat dalam menahan rembesan air.

Faktor lain yang menjadi pembeda dari ketiganya ialah faktor harga dan perawatan. Perangkat Waterproof tentunya lebih mahal dibandingkan Water Resistant atau Water Repellent. Perawatan ketiganya juga berbeda tergantung pada penggunaan masing-masing produk.

Ingat juga bahwa perangkat yang sudah memiliki label anti air tidak lantas serta merta aman. Tetap jaga dengan baik dan sebisa mungkin hindari kontak dengan air kecuali dalam keadaan yang memang terpaksa. Bagaimanapun, menjaga dan hati-hati tidak ada salahnya bukan?

Diberdayakan oleh Blogger.