Mau Jual Smartphone? Lakukan Tips Ini

tips sebelum menjual smartphone

Lebaran adalah momen yang identik dengan kata "baru". Selain baju baru, orang juga suka membeli gadget baru di hari raya (walau tidak semua). Saat momen lebaran sendiri, penjulan smartphone pasti akan melonjak dari biasanya.

Untuk menghemat pengeluaran, orang lebih suka menjual ponsel lamanya untuk tambahan dana membeli ponsel baru, istilahnya tukar tambah.Nah, bagi kalian yang berniat menjual HP, berikut ada beberapa tips yang wajib kamu lakukan:


1. Melakukan Back Up Data

Bagi yang menggunakan perangkat Android, kamu bisa lebih dulu membuat salinan data dan disimpan di Google Drive. Nantinya di ponsel baru kamu tinggal login saja dengan akun Gmail dan sinkronisasi ulang. Jadi tidak perlu repot mengulang dari awal.

2. Factory Reset

Mungkin ini tahapan terpenting sebelum kamu menjual smartphone kamu ke tangan orang lain. Jangan sampai lupa melakukan Factory Reset untuk mengembalikan smartphone ke setelan pabrik dan menghapus semua data di dalamnya. Hal ini untuk mencegah penyalahgunaan data yang kamu miliki.

3. Jangan Lupa Cabut SIM Card dan Micro SD

kartu nomor telepon

SIM Card bisa dibilang adalah identitas kamu saat menggunakan smartphone. Di dalamnya terdapat nomor telepon yang digunakan untuk berkirim pesan dan melakukan panggilan. Terkadang, SIM Card juga menjadi pilihan untuk menyimpan kontak teman. Jadi jangan sampai hilang.

Sedangkan Micro SD digunakan untuk menyimpan data pribadi seperti musik, foto maupun video. Sayang juga kan kalau isinya sampai hilang?

4. Bersihkan Smartphone

Bersihkan smartphone dari debu dan kotoran lain agar terlihat masih fresh dan baru. Barang yang bersih tentu akan lebih menarik bukan?

5. Sertakan Aksesoris Saat Dulu Dibeli

Saat membeli smartphone, pastinya kamu tidak hanya mendapat ponselnya saja bukan? Pastilah ada aksesoris pendukung seperti charger, headset, buku panduan dan kardus. Kumpulkan semua barang dan susun seperti saat pertama membeli. Ini akan menambah kepercayaan kepada calon penjual nantinya.

Ada tips lain? Silahkan tambahkan di kolom komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.