6 Tips Buat Kamu yang Sering Mantengin Layar Komputer

jangan melihat layar komputer terlalu lama

Komputer memang dibuat untuk memudahkan pekerjaan manusia. Tak hanya untuk bekerja, komputer bisa juga digunakan untuk kebutuhan hiburan seperti nonton film, dengar musik atau bermain game.

Dengan segala kelebihan yang dia punya, tak jarang orang menjadi kecanduan main komputer (termasuk saya) yang pastinya kita dituntut untuk menatap layar dalam waktu yang lama. Jika kebiasaan ini terus dilakukan dalam jangka panjang, tentu akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan mata juga tubuh.

Untuk mengatasi atau menghindari hal tersebut, TeknoSee merangkum 5 tips untuk kamu yang sering menatap layar komputer. Apa saja?


5 Tips Sehat Menggunakan Komputer


1. Perhatikan Kecerahan Layar

sesuaikan kecerahan layar monitor agar tidak merusak mata
kecerahak layar via www.lifehacker.com
Kecerahan layar adalah hal utama yang paling berpengaruh dalam masalah ini. Dalam kondisi banyak cahaya (siang hari) kamu bisa mengatur cahaya layar yang tidak terlalu terang.

Untuk malam hari, kamu bisa menyesuaikan agar cahaya layar tidak membuatmu silau. Pastikan juga kamu berada dalam ruangan yang cukup cahaya. Menatap layar dalam kondisi gelap akan membuat mata kamu cepat lelah dan tentunya mengganggu kesehatan mata.

2. Instal Aplikasi Pihak ke-3

meredupkan layar komputer dengan f.lux
F.lux via www.techinsider.io
Aplikasi yang dimaksud adalah aplikasi yang berfungsi untuk mengatur kecerahan layar sedemikian rupa agar bisa menyesuaikan kecerahan layar dengan mata (tidak membuat sakit) terutama saat malam hari saat kondisi minim cahaya. Salah satu yang terbaik ialah F.lux karena bisa menyesuaikan otomatis saat siang maupun malam hari.

F.lux tersedia gratis untuk Windows, Mac, Linux, iOS dan Android. Mau download? Silahkan langsung ke situs resminya di justgetflux.com.

3. Istirahatlah Sejenak

kalau capek istirahat
istirahat via oorifanficthouse.wordpress.com
Orang yang suka main komputer cenderung enggan beranjak dan hanya diam dalam posisi yang sama selama berjam-jam. Walaupun kamu kuat dan terbiasa dengan kondisi ini, jangan terus-menerus dilakukan, ya! Jangan terlalu fokus menatap layar, sekali-sekali gerakan kepalamu ke kanan dan ke kiri agar mata tidak lelah karena hanya fokus dalam satu objek. Atau bisa berikan pijatan untuk mata.

Gerakan juga anggota tubuhmu yang lain seperti tangan dan kaki agar tidak kaku. Cobalah untuk berdiri dan melemaskan tubuh setiap 2-3 jam sekali. Intinya jangan terlalu fokus sampai tidak bergerak, kasihan tubuhmu.

4. Perhatikan Posisi Duduk

posisi duduk yang benar adalah badan tegap
posisi duduk yang benar via myphysiosa.com.au
Posisi duduk juga sangat penting lho. Sebisa mungkin buat dirimu nyaman dalam posisi tersebut. Ingat, jangan membungkuk! Gunakan kursi yang empuk dan memiliki sandaran untuk tangan agar beban leher dan bahu berkurang.

5. Atur Posisi Monitor

jangan terlalu jauh atau dekat dengan mata
mengatur posisi monitor via home.bt.com
Selain posisi duduk, posisi monitor juga harus diperhatikan. Usahakan letak monitor tidak terlalu jauh dari pandangan agar mata bisa fokus. Atur tinggi rendahnya sejajar dengan mata, posisi monitor yang terlalu tinggi atau rendah akan menyebabkan nyeri pada leher.

6. Gunakan Mouse yang Sesuai

Sesuai disini adalah tidak terlalu kecil atau besar. Mouse yang terlalu kecil pastinya tidak nyaman digunakan (pengalaman), gunakan mouse yang pas di genggaman. Letak mouse kalau bisa mudah dijangkau agar tangan tidak pegal.

Banner: Wall Devil

Diberdayakan oleh Blogger.