Resiko Penyakit Akibat Kecanduan Smartphone

kecanduan smartphone menyebabkan depresi

Karena hampir semua pekerjaan bisa dilakukan dengan smartphone, banyak orang yang tidak bisa lepas dengan perangkat elektronik yang satu ini. Mungkin bisa dibilang sudah kecanduan smartphone. Dari anak kecil sampai orang dewasa hampir semuanya sudah pakai smartphone.

Bukan masalah sih, yang masalah itu jika kamu tidak bisa pisah dengan smartphone kamu, karena terlalu sering menggunakan smartphone ternyata punya banyak dampak buruk bagi kesehatan lho? Kali ini TeknoSee.com mau berbagi macam-macam penyakit yang disebabkan karena terlalu lama berinteraksi dengan smartphone, berikut daftarnya:


Sakit Kepala

kecanduan smartphone menyebabkan pusing

Pernah merasa pusing setelah main gadget? Hal ini disebabkan karena kontak mata yang terlalu lama melihat layar smartphone, selain itu posisi leher yang salah dan terlalu sering menunduk bisa juga menyebabkan sakit kepala. Aturlah jarak mata saat melihat layar smartphone, usahakan jangan terlalu dekat. Atur juga pencahayaan layar agar tidak terlalu terang agar tidak membahayakan mata.

Masalah Pendengaran

Musik adalah salah satu media yang asik untuk menghibur diri. Lagi bosan? Langsung tancap headset ke telinga dan putar musik keras-keras. Perlu diketahui, memutar suara dengan volume tinggi untuk waktu yang lama bisa menimbulkan gangguan pendengaran. Biasanya pendengaran menjadi kurang peka dan tidak bisa mendengar suara yang cenderung kecil. Nah lho, jangan sampai pendengaranmu rusak ya!

Tidak Fokus

Pernah cek sms waktu di jalan? Atau update status dikala sedang melakukan suatu pekerjaan? Hal ini jika diteruskan bisa membuat kamu tidak fokus terhadap suatu hal. Bayangkan, saat kamu sedang serius ngerjain tugas misalnya dan tiba-tiba ponsel kamu bunyi, apa yang kamu lakukan? Kebanyakan orang pasti langsung buka ponselnya dan melihat notifikasi. Ini yang membuatmu menjadi kurang fokus terhadap pekerjaan.

Susah Tidur

kecanduan smartphone membuat penggunanya susah tidur

Pernah mengalami susah tidur di malah hari? Apa yang kamu lakukan jika mengalami hal tersebut? Smartphone adalah salah satu pelampiasan yang paling umum. Mengotak-atik smartphone untuk browsing atau main game di malah hari bisa membuat mata kamu terjaga semalaman. Well, sebaiknya matikan saja smartphone kamu saat akan tidur agar tidurmu nyenyak dan tidak terganggu.

Merusak Hubungan

Saking populernya, ngobrol pun terasa lebih asik melalui smartphone. Asik sendiri saat sedang kumpul dengan keluarga atau teman sudah merupakan hal yang biasa. Bahkan yang lagi berdua sama pacarnya pun malah asik sendiri dengan smartphone masing-masing. Walaupun tidak mutlak, hal ini bisa jadi merusak hubunganmu. Bijaklah dalam menggunakan, ada kalanya kamu pisah sejenak dengan smartphone kamu.

Itulah resiko penyakit akibat kecanduan smartphone. Batasi penggunaan, jangan berlebihan!

Diberdayakan oleh Blogger.