Notebook dan Netbook, Apa Perbedaannya?

yuk belajar cara membedakan notebook dan netbook

Notebook dan Netbook adalah dua hal yang sering dibingungkan banyak orang. Sekilas keduanya mempunyai arti yang sama yang merupakan komputer jinjing. Ada yang mengatakan notebook adalah laptop namun ada juga yang mengatakan sebaliknya. Padahal keduanya bukanlah laptop, tapi turunan dari laptop.

Netbook

Yang paling mencolok dari sebuah netbook adalah ukurannya yang bisa dibilang kecil. Ukurannya sekitar 6-13 inch saja. Perangkat ini sejatinya hanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti browsing dan menjalankan aplikasi office. DVD drive juga tidak ada di netbook, juga spesifikasi yang dimiliki hanya standar bahkan minim untuk memenuhi kebutuhan jaman sekarang yang sudah menuntut spesifikasi.

Notebook

Notebook sendiri sama halnya dengan netbook, hanya saja dikemas dengan ukuran yang lebih besar dan spesifikasi yang lebih tinggi. Ukuran layarnya berkisar antara 13-18 inch. Selain untuk kebutuhan dasar, notebook juga bisa digunakan untuk kebutuhan lain macam bermain game, nonton film dan menjalankan aplikasi grafis. DVD drive juga tersedia dalam perangkat ini, namun ada juga beberapa notebook yang tidak memiliki DVD drive untuk membuatnya ukurannya lebih tipis.

Selain notebook dan netbook, sekarang juga telah ada ultrabook. Ultrabook ini ukurannya seperti netbook namun memiliki spesifikasi yang setara dengan notebook. Jadi Selain mempunyai performa optimal untuk berbagai kebutuhan, ukuran yang dimiliki juga tipis dan ringan sehingga sangat fleksibel.

Jadi, inti perbedaan dari notebook dan netbook terdapat pada ukuran layar dn spesifikasi yang dimiliki.

Diberdayakan oleh Blogger.