Pentingnya RAM Untuk Sebuah Gadget



RAM agaknya sekarang merupakan faktor yang dianggap penting kebanyakan orang. Saat orang mau beli gadget baru pasti komponen satu ini tidak lepas dari perhitungan. Bener kan?


Pengertian dan Pentingnya RAM

RAM atau Random Access Memory adalah sebuah komponen yang wajib ada dalam setiap gadget termasuk komputer. Kenapa harus ada? Karena dengan hilangnya komponen yang satu ini tidak mungkin sebuah perangkat akan berjalan baik atau lancar.

RAM bisa dibilang sebuah memori virtual yang menyimpan seluruh kegiatan yang kita lakukan saat mengakses sebuah gadget. Disaat kamu menjalankan satu aplikasi tertentu, data aplikasi tersebut akan disimpan di dalam RAM terlebih dahulu sebelum nantinya dieksekusi oleh processor. Jadi disaat kamu mau menjalankan lagi aplikasi tersebut, kamu tidak harus menunggu terlalu lama karena data sudah terlebih dulu disimpan.

Pernah mengeluh karena smartphone kamu lemot? Hal tersebut mungkin saja disebabkan oleh masalah RAM, meskipun bisa juga karena alasan lain. Hal tersebut dikarenakan kapasitasnya yang tidak mampu menanggung beban dari aplikasi di ponsel kamu. Jadi sesuaikanlah aplikasi dengan spesifikasi gadget yang anda miliki agar performanya tetap optimal enggak seperti keong.

Meskipun RAM merupakan komponen penting yang tidak boleh disepelekan bukan berarti kamu bisa mengabaikan komponen yang lainnya. Untuk mendapatkan kinerja yang maksimal dari sebuah perangkat, spesifikasi di dalamnya haruslah saling mendukung satu sama lain. Maksudnya, percuma kamu punya perangkat dengan processor katakanlah quad-core tapi RAM 512MB, begitupun sebaliknya. Semua harus seimbang.

Diberdayakan oleh Blogger.