Kapasitas RAM Tidak Sama, Baguskah?

pengaruh kapasitas ram dalam komputer

RAM adalah komponen vital yang tidak boleh tidak ada dalam suatu perangkat elektronik (smartphone, laptop, PC). Karena dengan hilangnya komponen yang satu ini saya jamin perangkat kesayangan kamu tidak akan ada gunanya.


Apa sebenarnya kelebihan RAM ?

RAM atau Random Access Memory adalah sebuah memory yang akan menyimpan semua kegiatan yang kita lakukan sebelum nantinya dijalankan oleh processor. Seumpama RAM tidak ada, tentulah processor akan bekerja ekstra berat untuk menyelesaikan setiap tugasnya. Kebayang kan betapa pentingnya RAM  itu?

Dalam kasus ini, pengguna komputer yang kurang puas dengan performa komputernya biasanya memilih opsi untuk upgrade RAM. Jadi kapasitanya ditambah agar lebih lega dan diharapkan bisa mendongkrak kinerja komputer itu sendiri. Namun, sayangnya banyak orang yang masih suka salah kaprah dengan masalah ini. Mereka yang kurang tau seputar komputer akan berpikir kapasitas yang lebih tinggi berarti lebih baik.

Pendapat itu tidak sepenuhnya benar, namun saya juga tidak menyalahkan. Untuk mendapatkan performa maksimal, kapasitas RAM yang dipakai haruslah sama. Misal kamu punya 2GB, kalau mau upgrade belilah RAM dengan kapasitas 2GB juga. Kalau 4GB juga sama 4GB. Kenapa harus sama? Komputer yang menggunakan lebih dari 1 buah RAM namun berbeda kapasitas tidak akan memperoleh performa maksimal karena motherboard akan menjalankan modul yang lebih rendah untuk menyesuaikan. Jadi RAM yang telah kamu pasang tadi nantinya tidak akan maksimal karena kecepatannya turun untuk menyesuaikan kecepatan yang lebih rendah.

Nah, untuk mendapatkan kinerja yang sempurna kapasitas bukan merupakan satu-satunya perhitungan. Merek, clock rate dan aspek lainnya juga garus disamakan. Jadi telitilah dalam membeli, jangan cuma asal pasang saja.

Diberdayakan oleh Blogger.