Merawat Baterai Laptop agar Tahan Lama

cara merawat baterai laptop dengan benar

Baterai bisa dibilang adalah salah satu komponen utama dalam sebuah laptop. Memang sih tanpa baterai laptop tetap bisa digunakan dengan menggunakan listrik. Tapi tentunya ini kurang efisien karena tidak setiap saat kita bisa terhubung dengan listrik. Laptop juga bisa kehilangan efektifitasnya yang dianggap bisa digunakan dimana-mana.

Cara Merawat Baterai Laptop

Untuk perawat sendiri sebenarnya tidaklah susah, hanya saja kebanyakan orang malas untuk melakukannya. Ini kiat-kiatnya:


1. Jangan Mencabut Baterai

bolehkah mencabut baterai laptop?

Kebanyakan orang suka melakukan cabut baterai dengan tujuan agar baterainya awet. Memang sih tidak salah, tapi tidak baik juga buat si laptop. Melakukan pengiaian daya disaat baterai posisi lepas menyebabkan arus yang masuk menjadi tidak stabil karena baterai sendiri merupakan stabilizer baterai. Tentunya ini beresiko bagi komponen dalam laptop seperti motherboard, processor, ram dan lainnya.

2. Gunakan Seperlunya

Penggunaan yang berlebihan akan menyebabkan turunnya daya dengan cepat. Kalau terus-menerus akan membebani si baterai dan laptop itu sendiri. Untuk yang hobi main game terutama game berat jaman sekarang usahakan jangan main di laptop. Gunakan PC untuk kebutuhan macam ini karena PC memiliki ketahanan yang lebih tinggi. Bagi yang tidak punya tetap bisa main kok, asal jangan memaksakan saja.

3. Jangan Biarkan Sampai Mati

Karena keasikan main dengan laptopnya, tidak menutup kemungkinan kita lupa untuk melakukan charging padahal daya sudah mulai menipis dan akhirnya sampai laptop mati dengan sendirinya. Hal ini jika terlalu lama dilakukan bahkan menjadi kebiasaan jelas tidak baik untuk baterai itu sendiri. Dalam jangka panjang, akan menyebabkan rusaknya komponen dalam baterai tersebut.

4. Jangan Menggunakan Laptop di Kasur

jangan main laptop di kasur karena tidak baik untuk laptop

Agaknya ini kebiasaan yang susah dihilangkan oleh sebagian orang. Menggunakan laptop untuk menonton film sambil tiduran di kasur memanglah nyaman. Namun, hal ini akan membuat panas yang dikeluarkan laptop tidak bisa terbuang dengan sempurna. Untuk menghindari hal ini, usahakan jangan main di kasur atau media lain yang serupa seperti sofa. Gunakan laptop di tempat yang datar sehingga panas bisa dikeluarkan dengan baik.

4 Hal diatas jika dilakukan dengan baik rasanya sudah lebih dari cukup merawat baterai laptop dan membuatnya awet. Masih banyak tips lain yang bisa digunakan, seperti menggunakan colling pad untuk mencegah panas berlebih. Namun, 4 hal diatas sudah lebih dari cukup jika dilakukan.

Diberdayakan oleh Blogger.