Mempercepat Android Tanpa Aplikasi

logo smartphone android adalah robot hijau

Lemot mungkin adalah satu masalah yang paling dibenci para pengguna smartphone android. Ya, meskipun yang membuat lemot adalah si pemakai itu sendiri. Banyaknya aplikasi yang diinstal adalah salah satu penyebab android jadi lemot. File sampah dan cache yang bertumpuk tidak pernah dibersihkan juga ikut andil dalam memperlambat smartphone kesayangan kamu.

Untuk mengatasi masalah diatas sebenarnya tidaklah susah. Cukup hapus saja aplikasi yang sekiranya membutuhkan resource besar dan masalah android lemot-mu akan selesai. Namun, rasanya cara tersebut kurang efektif karena aplikasi yang diinstal pastilah dibutuhkan. Kalau dihapus nanti gimana dong?

Banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya menggunakan aplikasi bernama "greenify". Aplikasi tersebut bisa meng-hibernate atau menidurkan suatu aplikasi tertentu sehingga resource android tidak akan terkuras banyak sehingga masalah android lemot/lambat bisa diatasi. Namun, greenify membutuhkan akses root untuk menggunakannya.

TeknoSee punya cara yang lebih baik dan mudah untuk mempercepat android. Caranya? Matikan animasi pada android kamu!


Apa itu Animasi?

Animasi atau gambar bergerak dalam android dibagi menjadi 3 jenis, yaitu:

  1. Window Animation Scale, adalah animasi yang digunakan untuk membuka pop-up window.

  2. Transition Animation Scale, adalah transisi animasi antar layar.

  3. Animation Duration Scale, adalah skala yang menetukan lama waku animasi ditampilkan (makin lama makin berat).

Mempercepat Android dengan Mematikan Animasi

Pertama, silahkan buka Developer Option. Menu ini dapat kalian di dalam pengaturan android kalian masing-masing. Setelah masuk ke menu pengaturan silahkan scroll ke bawah dan cari Developer Option.

cara masuk developer option di android


Di dalam developer option kemudian scroll ke bawah lagi dan cari menu animasi dalam tab "Drawing"

cara mematikan animasi di android untuk mempercepat performa


Silahkan matikan semua animasi smartphone kamu seperti gambar di atas. Animasi yang berlebihan akan memberatkan kinerja ponsel kamu. Tips ini akan sangat berpengaruh pada android dengan spesifikasi minim.

Setelah mematikan semua animasi cobalah membuka atau menjalankan aplikasi tertentu. Seharusnya android kamu sekarang sudah lebih cepat dari biasanya. Cepat dan tidak membutuhkan aplikasi tambahan yang ujung-ujungnya ikut memberatkan ponselmu. Cara ini lebih praktis dan efektif.

Diberdayakan oleh Blogger.