Tips Membuat File Super Hidden dengan CMD

menggunakan command prompt untuk menyembunyikan folder

Windows adalah sistem operasi desktop yang paling populer di kalangan masyarakat umum. Dengan sistem operasi ini kita dimanjakan dengan berbagai kemudahan yang diberikan. Salah satu fitur yang bisa digunakan adalah 'Hidden File' untuk menyembunyikan file dan folder dari direktori.

Setiap orang pastilah memiliki data pribadi yang tidak ingin diketahui orang lain. Entah itu foto pribadi, program atau beberapa 'film' untuk hiburan tengah malam. Untuk menyembunyikan file, kebanyakan orang biasa menggunakan fitur Hidden yang disediakan oleh Windows dengan cara klik kanan folder - properties - checklist tombol hidden.

Cara tersebut cukup efektif untuk mengelabui mereka yang masih awam dengan komputer. Tapi akan berbeda cerita jika teman kamu mengetahui cara 'unhide' file yang sebenarnya sangat mudah dilakukan sekalipun oleh orang awam.


Cara Unhide Folder

Buka explorer - Klik 'organize' di pojok kiri atas - Pilih 'folder and search options'.

merubah pengaturan folder

Nantinya akan muncul jendela pop up 'Folder Options', ganti opsi pada 'hidden file and folder' menjadi 'show hidden file, folder and driver'. Selamat, folder yang teman kalian sembunyikan sudah bisa kalian buka sekarang.

memunculkan folder yang di-hidden

Tapi tahukah kamu? Ada cara yang lebih aman lagi yaitu menggunakan Super Hidden. Sesuai namanya, file yang disembunyikan dengan Super Hidden tidak akan bisa ditemukan sekalipun kamu mencoba menampilannya dengan cara diatas. Bagaimana caranya?

Menyembunyikan File dengan Super Hidden

Pertama, buka cmd (command prompt) dengan menekan Windows + R pada keyboard.

command untuk menyembunyikan folder

Ketikan perintah seperti pada gambar, ganti "D:\Film\Anime" dengan direktori folder yang ingin kamu sembunyikan. Lihatlah, sekarang file/folder yang kamu sembunyikan sudah tidak terlihat dan tidak bisa diakses. Gampang kan? Lalu, bagaimana cara menampilkannya kembali?

Menampilkan File Super Hidden

Untuk menampilkan kembali file yang telah disembunyikan caranya kurang lebih sama, tinggal ganti saja '+s +h' menjadi '-s -h' dan file/folder yang kamu sembunyikan akan kembali seperti sedia kala. Lihat gambar di bawah.

command untuk menampilkan folder

Silahkan cek untuk membuktikan. Sekarang kamu bisa menyembunyikan 'file rahasia' kamu dengan aman tanpa takut bisa diakses oleh orang lain. Jangan disalahgunakan yaa!

Diberdayakan oleh Blogger.