Cara Mudah Membuat Bootable Flashdisk dengan Rufus

memilih boot prioritas via bios

Untuk berbagai macam kebutuhan, instal ulang sistem operasi perlu dilakukan. Salah satunya adalah untuk menjaga performa komputer agar tetap optimal serta membersihkan virus, karena komputer yang tidak pernah instal ulang bisa jadi menimbun banyak virus di dalamnya.

Ada banyak cara atau media yang bisa dilakukan terkait dengan masalah instal ulang, antara lain:
  • Menggunakan CD
  • Menggunakan Flashdisk (Bootable)
Sesuai judul diatas, artikel ini akan membahas bagaimana cara membuat bootable flashdisk agar bisa digunakan untuk instal ulang. Penggunaan flashdisk sendiri menurut saya lebih simpel dan mudah ketimbang harus menggunakan CD karena terkesan ribet. Belum lagi kalau komputer atau laptop kamu tidak memiliki CD Drive. Tentunya menyusahkan bukan? Kalau flashdisk pastilah setiap perangkat komputer memilikinya. Berikut caranya:


Membuat Bootable Flashdisk dengan Rufus

Pertama, silahkan download rufus terlebih dulu jika belum punya. Ini sirtus resminya rufus.akeo.ie

Tool ini bisa langsung dijalakkan tanpa harus melakukan instalasi. Jalankan Rufus.

membuat bootable flashdisk via rufus

Perhatikan pada bagian yang sayaberi warna merah, pastikan kalian sudah memiliki file yang digunakan untuk instal ulang dengan format ISO. Silahkan muat file menggunakan tombol disebelahnya, kemudian klik 'Start'.

Perlu diingat, sebelum kamu membuat bootable flashdisk, kamu diharuskan memformat flashdisk kamu terlebih dulu. Jadi pastikan data-data penting di dalamnya sudah kamu back up atau dipindahkan ke tempat lain untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

pembuatan bootable flashdisk telah selesai

Tunggu hingga proses selesai. Sampai disitu proses bootable flashdisk sudah selesai dan kamu sudah bisa menggunakannya untuk instal ulang. Mudah bukan? Untuk cara instal ulang akan sayabahas pada artikel berikutnya.

Kenapa Menggunakan Rufus?

Rufus adalah tool yang membantu membuat bootable USB flashdisk yang memiliki berbagai kelebihan daripada tool lainnya. Meskipun ukurannya yang kecil, Rufus memberikan semua yang Anda butuhkan! Tool ini diklaim dua kali lebih cepat dari aplikasi sejenis misal UNetbootin dan Universal USB Installer. Dan yang paling penting Rufus merupakan aplikasi freeware alias gratis yang bisa digunakan secara bebas.

Diberdayakan oleh Blogger.