IDM, Solusi Tepat Untuk Urusan Download Cepat

download lebih cepat dengan IDM

Punya masalah dengan aktivitas download yang lambat atau corrupt di tengah jalan? Keberhasilan download sendiri ditentukan oleh beberapa hal, antara lain:
  • Kestabilan koneksi internet
  • Sinyal
  • Server yang menyediakan file
Untuk mengatasi dan memaksimalkan proses download, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, salah satunya adalah menggunakan IDM atau Internet Download Manager.


Sekikas tentang IDM

IDM adalah aplikasi download manager pihak ketiga yang berfungsi untuk memaksimalkan proses download yang kalian lakukan. IDM akan membagi data file yang diunduh hingga maksimal 16 bagian dengan kecepatan yang sama. Jadi, seumpama ada satu bagian yang terhambat, kecepatan unduh bagian lain akan digunakan untuk membantu bagian yang lambat ini. Proses inilah yang membuat kecepatan download IDM lebih cepat dan stabil.

Kamu juga bisa pause/resume proses download sehingga resiko gagal download bisa diminimalisir. Instalasinya sendiri tidaklah susah, tinggal instal saja seperti instal aplikasi biasanya. Untuk memaksimalkan kinerjanya, ada juga beberapa pengaturan yang 'dipercaya' bisa menambah kecepatan download IDM. Berikut tipsnya:
  • Buka IDM, pada tab download pilih menu options
option idm
  • Akan muncul jendela baru, klik menu connection
  • Pada menu connection type/speed, silahkan kalian pilih sesuai koneksi internet yang kalian gunakan
merubah tipe koneksi
  • Pada menu max connections number, pilih 16 atau lebih tinggi (default 8)
merubah max connection number

#Note: Tips diatas memang tidak sepenuhnya baku dan membuat proses download secepat kilat, tapi paling tidak bisa memaksimalkan kecepatan download.

Diberdayakan oleh Blogger.