Mengenal 5 Fitur Twitter yang Jarang Orang Tahu

sosial media yang akrab bagi public figure

Twitter adalah layanan jejaring sosial yang memungkinkan penggunanya mengirimkan pesan bejumlah 140 karakter yang dikenal dengan sebutan tweet. Oleh karena itulah, twitter juga bisa digolongkan ke dalam situs microblogging seperti Tumblr. Twitter sendiri adalah jejaring sosial terpopuler kedua setelah Facebook dengan Alexa Rank 9 di dunia.

Sosial media yang disimbolkan dengan burung biru dengan warna dasar yang juga biru ini memang sangat populer di masyarakat. Untuk membuat akunnya pun sangat mudah, kamu hanya membutuhkan alamat email aktif yang digunakan untuk mendaftar.


Fitur Twitter

Di dalam twitter sendiri terdapat banyak fitur yang bisa digunakan. Untuk pengguna biasa mungkin hanya sekedar mengenal fitur standar saja seperti mention dan retweet atau followers dan following. Padahal ada banyak fitur yang bisa kamu manfaatkan lho. Berikut 5 fitur twitter yang jarang orang tahu:

Tag

Seperti halnya facebook, dengan twitter kamu juga bisa melakukan tag pada foto yang kamu upload. Klik saja 'Who in this photo?' dan tambahkan daftar teman kamu yang ada dalam foto tersebut.

Hashtag

Hashtag sendiri digunakan untuk mengkategorikan tweet yang kamu buat. Contoh:marshmallow adalah sistem operasi android terbaru dengan versi 6.0 #android

Jadi tweet di atas akan digolongkan ke dalam kategori 'android'. Jika banyak orang selain kamu yang menggunakan hashtag yang sama, hashtag tersebut bisa jadi trending topik di twitter. Biasanya ini terjadi jika ada sesuatu yang sedang booming atau populer sehingga banyak yang menggunakan hashtag yang berkaitan dengan berita tersebut.

Retweet

Seperti namanya, retweet (kicau ulang) adalah fitur yang digunakan untuk meneruskan tweet dari orang lain ke timeline akun twitter kamu, sehingga followers-mu juga bisa melihat tweet yang kamu retweet tadi. Retweet sendiri sebenarnya sama saja dengan repost/share di facebook dan google+.

Tweet dengan SMS

Tahukah kamu jika kamu bisa melakukan tweet tanpa harus terkoneksi dengan internet? Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu perlu mendaftarkan nomor ponsel kamu di twitter (ada di menu setting). Dengan begitu kamu tetap bisa nge-tweet sepuasnya walaupun disaat susah sinyal. Kamu juga akan mendapatkan SMS notifikasi jika ada berita terbaru mengenai akun twitter kamu, misal kamu punya followers baru di twitter.

Twitter Polls

fitur twitter yang digunakan untuk pengambilan suara

Polling atau jejak pendapat adalah fitur baru yang ditambahkan ke twitter pada Oktober 2015 yang lalu, dilansir dari blog resmi twitter. Dengan twitter polls kamu bisa melakukan pemungutan suara sederhana kepada followers twitter-mu.

Diberdayakan oleh Blogger.