Awas, Ini Dampak Buruk Sering Menggunakan Headset!

dampak buru sering menggunakan headset

Headset adalah sebuah aksesoris smartphone atau HP yang digunakan untuk mendengarkan musik. Dengan menggunakan headset, musik yang kita putar akan terasa lebih jelas dan mantap. Terlebih saat di tempat umum, kan tidak mungkin juga kalau kamu denger musik dengan volume keras di tempat umum. Selain tidak nyaman, sebelahmu juga bisa merasa terganggu.

Tapi semua ada batasnya, yang berlebihan tetaplah tidak baik. Orang yang sudah terbiasa pakai headset akan sulit lepas dari perangkat yang satu ini. Jika kamu termasuk salah satunya, sebaiknya kamu kurangi penggunaan headset yang berlebihan karena dapat mengganggu kesehatan terutama telinga dan otak.

Ada beberapa bahaya yang mengancam kamu jika terlalu sering pakai headset. Berikut 5 diantaranya:


1. Kerusakan Permanen pada Telinga

Mendengarkan musik via headset dengan frekuensi yang cukup lama yang dibarengi dengan volume tinggi bisa menyebabkan kerusakan permanen pada telinga kamu lho. Jika sudah tidak kuat, gendang telinga bisa pecah yang tentunya akan menyebabkan gangguan pendengaran.

2. Infeksi pada Telinga

Hal ini terjadi karena headset yang kamu gunakan tidak bersih yang membuat adanya mekanisme atau kuman yang masuk ke dalam telinga. Sebaiknya bersihkan dahulu headset sebelum kamu memakainya karena bukan tidak mungkin ada banyak kuman yang menempel disana.

3. Pendengaran yang Kurang Peka

Terlalu sering menggunakan headset juga bisa membuat pendengaran kamu berkurang. Terbiasanya telinga dengan suara yang dekat dan keras membuatnya 'kurang peka' saat mendengar suara yang cenderung pelan. Masih muda tapi pendengarannya terganggu. Mau?

4. Kerusakan Otak

Earphone atau headset yang digunakan juga memancarkan gelombang elektromagnetik. Hal ini diyakini dapat memicu kerusakan otak dikarenakan oleh radiasi dari headset itu sendiri. Masih sayang kan sama otak kamu?

5. Resiko Kecelakaan

Kebiasaan menggunakan headset juga bisa terbawa saat menggunakan kendaraan bermotor. Dengan begini resiko kecelakaan akan lebih besar terjadi. Kalau kamu tidak peka, bukan tidak mungkin hal yang tidak diinginkan terjadi.

Bukan berarti kamu tidak boleh menggunakan headset. Hanya saja ada batasan-batasan yang harus diperhatikan seperti tidak terlalu sering menggunakan headset atau menyetel volume tinggi saat mendengarkan musik via headset. Well, semoga bermanfaat.

Diberdayakan oleh Blogger.