5 Produsen Chipset Smartphone Terbaik, Siapa Saja?

processor asal taiwan

Chipset bisa diartikan sebuah komponen paling utama pada sebuah smartphone, atau bisa dibilang sebagai otak daripada smartphone itu sendiri. Seringkali chipset dianggap sebagai sebuah tolok ukur terhadap kinerja smartphone.

Hal tersebut memang tidak salah. Tapi performa smartphone tidak serta merta dipengaruhi oleh chipset saja tapi juga ditunjang komponen lain seperti RAM dan GPU. Bicara tentang chipset smartphone dan perkembangan teknologi saat ini, banyak sekali model chipset yang beredar di pasaran.

Tapi mana yang terbaik? Saat ini ada 5 besar chipset smartphone yang paling banyak digunakan. Apa saja?


Qualcomm Snapdragon

processor paling banyak digunakan untuk smartphone

Yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Qualcomm sampai sekarang memang digadang-gadang sebagai chipset smartphone terbaik yang juga paling banyak digunakan. Sampai sekarang versi terakhirnya yaitu Snapdragon 820 yang diaplikasikan pada Galaxy S7, LG G5 serta Xperia X Performance. Walaupun sempat menuai kecaman panas berlebih (overheat) pada Snapdragon 810, Qualcomm terbukti masih menjadi primadona sampai saat ini.

MediaTek

processor 10 inti (deca-core)

MediaTek atau yang lebih akrab dengan sebutan MTK adalah chipset yang berasal dari Taiwan. MediaTek terkenal karena harganya yang cenderung miring daripada kompetitor lain. Tentunya dengan performa yang tidak bisa disepelekan. MediaTek juga sudah memperkenalkan Helio dengan processor deca-core (10 inti) pertama di dunia.

Apple

chipset terbaru untuk iphone

Chipset pemium yang khusus digunakan untuk produk Apple saja. Kelebihan chipset ini terletak pada pengolahan data dan manajemen aplikasi yang sangat bagus. Chipset terbarunya saja yang ditanamkan pada Apple 6S yaitu A9 hanya mengandalkan processor dual-core 1.89 GHz, bayangkan! Tapi siapa sangka A9 kemapuannya setara dengan Snapdragon 810 dengan processor octa-core.

Exynos

chipset milik samsung

Exynos adalah chipset buatan vendor smartphone ternama, Samsung. Berbeda dengan Apple, Exynos tidak eksklusif digunakan untuk Samsung saja. Walaupun tidak banyak yang menggunakan, Exynos juga dibenamkan pada smartphone merk lain misal Lenovo dan Meizu.

Intel

Processor utama komputer desktop ini telah melebarkan sayapnya di kancah mobile. Kehadirannya yang dipadukan dengan Asus Zenfone terbukti sukses meledak di pasaran. Sampai sekarang bahkan sudah banyak vendor yang mempercayakan urusan chipset pada Intel. Sebut saja Lenovo, Samsung, Acer, Dell sudah mencicipi Intel Atom SoFIA X3 yang merupakan chipset terbaru milik intel saat ini.

Diberdayakan oleh Blogger.