Hapus Aplikasi Android jangan Sembarangan ! Ini Cara yang Benar !

menghapus cache di android

Android dengan segala kelebihannya nampaknya masih menjadi sistem operasi smartphone yang memiliki paling banyak pengguna diantara sistem operasi lainnya. Meskipun banyak kelebihan, bukan berarti android tidak punya kekurangan. Kekurangan yang paling sering dialami oleh pengguna adalah berkurangnya performa ponsel setelah beberapa waktu penggunaan. Memang sih awalnya terasa cepat dan gesit dalam mengeksekusi beragam aplikasi. Tapi seiring berjalannya waktu, android akan kehilangan dayanya atau sering dibilang lemot.

Hal tersebut bukan tanpa alasan. Banyak faktor yang bisa mempengaruhi kinerja sebuah ponsel. Banyaknya file sampah (cache) yang menumpuk menjadi salah satu penyebab utama androidmu jadi lemot atau lambat. Terus Apa hubungannya dengan judul artikel yang TeknoSee buat kali ini? Kan artikelnya becerita tentang "Hapus Aplikasi"? Inilah yang akan admin bagikan untuk para pembaca sekalian.


Admin yakin kalian semua pernah melakukan instal dan uninstal aplikasi dengan ponsel android kalian. Masalahnya apa yang kalian lakukan sebelum meng-uninstal atau menghapus aplikasi? Admin juga yakin pasti kebanyakan pengguna main hapus saja saat merasa ada aplikasi yang dirasa tidak perlu digunakan.

Hal tersebut akan meninggalkan file sampah pada smartphone kesanyanganmu. Kok bisa? Aplikasi yang sudah diinstal dan digunakan pastilah memiliki data dan cache yang dihasilkan. Cache memang berguna, tapi kalau terjadi penumpukan berlebih akan membuat memori jadi sesak dan akibanya android kamu jadi lemot.

Inilah yang admin maksud. Kebanyakan orang tanpa pikir panjang langsung main hapus saja jika ada aplikasi yang dirasa tak terpakai. Padahal proses tersebut akan meninggalkan data dan cache dari aplikasi tadi. Jadi intinya, sebelum uninstal hapus dulu data dan cache-nya. Jadi tidak ada file apapun yang tertinggal yang bersangkutan dengan aplikasi yang akan dihapus.

Cara Hapus Aplikasi Android

  • Pertama, buka setting lalu cari menu "App" atau "Aplikasi"
melihat aplikasi yang terinstal di android
  • Silahkan cari aplikasi mana yang kamu ingin hapus
menghapus data aplikasi

Sebelum melakukan penghapusan, silahkan tekan "clear data" agar data yang disimpan juga ikut dihapus. Jika kamu scroll lagi ke bawah, ada juga tab "clear cache". Bersihkan keduanya sebelum menghapus aplikasinya agar aplikasi terhapus dengan sempurna tanpa meninggalkan file sampah. Silahkan dicoba.

Diberdayakan oleh Blogger.